Personal Tax Income Calculator

Hitung PPh OP PKP Pembulatan Ribuan Update PTKP PMK-162

Update pada 2 Januari 2013

Saya update file “kalkulator” penghitungan PPh Orang Pribadi, dengan penyesuaian pada ketentuan terbaru soal Penghasilan Tidak Kena Pajak mulai tahun 2013. Mohon saran demi perbaikan dan pengembangan lebih lanjut. Terima kasih.

=======

Penghitungan PPh 21 Metode Gross Up

Update pada 2 Januari 2013

Saya tambahkan file simulasi sederhana penghitungan tunjangan PPh Pasal 21 (pajak penghasilan atas gaji) metode gross-up (baca artikel sebelumnya soal berbagai macam metode pemotongan PPh Pasal 21).

Dengan metode gross-up, besaran pajak penghasilan si karyawan persis sama dengan tunjangan PPh-nya. Silakan mengembangkan sendiri simulasi simpel yang menggunakan Microsoft Excel 2007 ini. Baca pula panduan bagaimana mengoperasikan utak-utik Excel ini dengan baik terkait metode gross-up, di sini. Semoga bermanfaat.

Catatan: besaran Penghasilan Tidak Kena Pajak masih mengacu pada ketentuan UU PPh Nomor 36 Tahun 2008. Saya belum menyesuaikan dengan perubahan terbaru, yang mulai efektif pada Januari 2013 ini –masih dalam tahap pembuatan, mohon sabar menunggu🙂

=======

Hitung PPh OP

Dibuat pada 6 Januari 2011

Silakan unduh “kalkulator” sederhana ini guna menghitung Pajak Penghasilan (PPh) Anda. Sebagai Wajib Pajak Orang Pribadi (WP OP), Anda wajib melaporkan berapa PPh Anda dalam setahun. Laporan itu berupa Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan yang paling lambat disampaikan pada 31 Maret tahun berikutnya.

Aplikasi penghitung ini masih sederhana. Jika ada hal yang perlu Anda ketahui lebih lanjut, silakan berkonsultasi dengan Account Representative di Kantor Pelayanan Pajak.

Aplikasi ini saya buat berdasarkan ketentuan pada Undang-Undang PPh No. 36 Tahun 2008 yang mulai berlaku pada 1 Januari 2009. Jika ada perkembangan ketentuan lebih lanjut, saya akan update aplikasi ini. Tak lupa saya dengan senang hati menerima masukan demi penyempurnaan aplikasi ini.

Besaran Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) berubah dan mulai berlaku sejak 1 Januari 2013. Untuk orang pribadi berstatus lajang tanpa tanggungan (TK/0), PTKP setahun sebesar Rp24,3 juta atau Rp2.025.000 sebulan. Bandingkan dengan sejumlah upah minimum regional! Berapa banyak daerah yang menerapkan upah minimum di atas PTKP? Ini adalah bukti betapa Pajak berpihak pada kaum miskin. Saya akan segera update kalkulator PPh OP ini dengan menyesuaikan ketentuan PTKP terbaru, ditambah beberapa fitur tambahan –Insyaallah, jika sempat, kalau tak malas, hehehe.

Kalkulator lama ini masih berguna untuk menghitung pajak sesuai tahun pajak 2009 hingga 2012. Jadi, saya akan tetap memasang kalkulator tersebut di blog ini. Semoga bermanfaat.

One response to “Personal Tax Income Calculator

  1. Terima kasih kepada Tim WordPress yang mengembangkan aplikasi blog ini sehingga memungkinkan attachment file Microsoft Excel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s