Taxes Handbook

Pengantar penulis: Ini adalah buku pengetahuan dasar seputar pajak yang saya bikin untuk bahan penyuluhan. Senang rasanya dapat merakit buku tipis nan sederhana ini. Ia saya beri nama “Pedas-Sepak” (Pengetahuan Dasar Seputar Pajak).

Meski pengetahuan seputar pajak masih minim, saya tak pernah minder untuk berbagi. Apalagi saya getol menulis. Tak ada hal yang lebih nikmat ketimbang menulis.

 

Saat ini saya magang di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pati –kota asal saya. Agung Widarta, pelaksana di Seksi Pelayanan, menjadi prove-reader yang sangat teliti. Teman-teman magang lainnya, baik dari Diploma Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) maupun dari hasil seleksi Sarjana, sangat mendukung dengan berbagai diskusi yang menarik.

Buku ini masih banyak kekurangan. Semoga berkenan untuk Anda.

DAFTAR ISI

Daftar Singkatan
Pajak, Apa Itu?
Jenis-Jenis Pajak
Wajib Pajak
Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
Kewajiban Perpajakan
Surat Pemberitahuan (SPT)
Macam-Macam Kewajiban Pajak Penghasilan

4 responses to “Taxes Handbook

  1. Nice info Kob, sederhana, lugas, dan lebih memahamkan daripada penjelasan revrisond baswir🙂 iki tak waca nganti entek lho.. hehe..

  2. Ariev,
    Tq atas komennya. Piye bro, dah di Aussie? Aku seneng denger kabar kamu dapet beasiswa. BPK butuh orang sepertimu. Indonesia yang bersih dan transparan, is still in the making and we are the part of it.

  3. Salam kenal Mas Yacob…bisa saling tukar link ga…keep on writing Mas..

  4. Salam kenal juga Mas Deden. Maaf, dah lama gak update. Dengan senang hati kita tukar2an link.

    Oh ya. Halaman ini saya bikin sekitar April atau Mei 2009. Banyak hal yang berubah. BPHTB pada 2011 sudah dilimpahkan jadi pajak daerah tingkat dua (kabupaten/kota); PBB sektor pedesaan dan perkotaan paling lambat pada 2014 juga dilimpahkan ke daerah tingkat dua. Tergantung kesiapan daerah masing-masing. Jika sudah mampu menerapkannya tahun depan bersamaan dengan BPHTB juga bisa. Jika ada waktu luang, akan saya update halaman ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s