About Me

yacob-di-ponjong.jpg

Seorang jurnalis; pria; lahir dan besar di Pati; kuliah di Yogyakarta; kerja di Jakarta; blog ini sebagai wadah cerita dan diskusi tentang aktivisme, jurnalisme, dan hal-hal yang menyangkut saya sebagai manusia.

Diskusi, input, informasi, kritik, dan saran lebih mendalam bisa disampaikan melalui e-mail saya:

yacobyahya AT yahoo DOT com atau yacobyahya AT gmail DOT com

Pernah, meski sebentar, saya menjadi Sekretaris Dewan Karyawan Tabloid Kontan pada September 2006. Pada 7 Agustus 2007 bersama sejumlah kawan, saya mendirikan WorkerHOLic, serikat pekerja Hukumonline. Sejak itulah, saya menjadi salah satu pengelola blog WorkerHOLic.

Sejak 29 Juni 2008, saya mengurus blog (Komite Persiapan) Federasi Serikat Pekerja Media-Independen. Jika nantinya terbentuk, federasi ini merupakan wadah bersatunya sejumlah serikat buruh sektor media. Komite ini lahir dari serangkaian diskusi bulanan yang diselenggarakan oleh Divisi Serikat Pekerja Aliansi Jurnalis Independen Jakarta. Hingga kini (6 Juli 2008), komite tersebut berisi serikat pekerja Majalah SWA, Radio 68H, Radio Smart FM, Tempo, dan Hukumonline. Beberapa serikat pekerja lainnya bakal menyusul bergabung.

Kunjungi pula hasil karya jurnalistik saya yang masih sederhana, pada halaman Publications.

Pada Sabtu Wage, 27 Desember 2008, saya menyunting gadis asal Dusun Gedaren  Desa Sumbergiri Kecamatan Ponjong Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta setelah hampir empat tahun runtang-runtung. Murjayanti, bekas tetangga kos di bilangan Kuningan dekat kampus timur Universitas Gadjah Mada –almamater saya– adalah pemanjat tebing Yogyakarta yang membuat saya bangga menyandingnya.

Sejak 27 Januari 2009, saya mulai bekerja sebagai pegawai Direktorat Jenderal Pajak. Pada November 2009, saya mengundurkan diri dari organisasi Aliansi Jurnalis Independen. Kegiatan jurnalistik selanjutnya, akan saya tuangkan dalam blog sederhana ini.

Mulai 2010 menyalurkan (kembali) hasrat jurnalistiknya dalam bentuk opini ihwal perpajakan di beberapa media massa seperti Koran Tempo, Harian Kontan, serta Harian Bisnis Indonesia. Coba melanjutkan aktivitas menulis kolom yang sempat terpenggal selama lima tahun, sewaktu kuliah –di antaranya di Harian Kompas (2004) dan Malang Post (2005).

Tabik…

81 responses to “About Me

  1. mohon informasi tentang manajemen perusahaan pers, dan job description-nya. Saya ingin membangun media cyber di Aceh. untuk draftnya, bisa dikirimkan ke e-mail saya di ponk_fayencey[at]yahoo[dot]com. thanks sebelumnya.

  2. mo berbagi nasihat aja:
    sejauh kaki melangkah, pasti akan kembali ke asal.
    “buah mangga jatuh tidak jauh dari POHON nya”
    jangan melupakan kodrat kita sebagai manusia.

  3. Matur nuwun, Mas Yacob. Blognya jadi tamba kangene aku karo pati. Pengen mulih ning pati, tapi durung iso. Yo uwis didunia maya yo ora popo.

  4. Wow, salam sapa dari Jepang… sebelumnya dari Amrik…

    Ogak nyangka, sudah banyak orang Pati yang melanglang buana… Terimakasih atas tangapannya…

  5. Assalamu’alaikum
    You are alive! Ini sapa dari warga Kuningan, Depok, Sleman. Kabari aku masih punya utang berapa ke kamu, ya. Apa aku juga ngembat bukumu, ya? Hehe….
    Ayo berwisata kuliner di jakarta. Aku lagi gak ada partner makan nih sekarang.
    Grobogan juga ada wakilnya di Jakarta, Jacky.
    See you.

  6. Enggar…
    Salam juga pren… Aku dah lupa buku apa saja yang udah kau embat. It’s okay. Yah, ayo kita realisasi kapan kita kumpul-kumpul reuni dengan kawan lainnya…
    Afterall, aku dah lama gak ke Kuningan. Kangen sama Bu Dal…

  7. salam kenal, bung.

  8. hallo, mas yakob. tadi waktu ngambil kirimannya mas yakob sy jadi iseng pengen buka blognya mas yakob.. tahu2 ada berita kucing mati.Huhuhu. sama mas.. kucing saya juga barusan ilang..namanya Cireng.nggak nyangka mas yakob pecinta kucing. sampai ketemu besok sabtu di FE. Pesan dari senior saya di EQ (yang berarti junior mas yakob) jangan telat ya..

  9. Mas Yacob, sorry nih, saya kirim pesan lewat field comment ini. Saya mau minta izin (atau ngasih tahu, karena sudah dilakukan) bahwa saya pake foto mas Yacob yang dipajang di blogaji.wordpress.com untuk banner blog Forum Karyawan SWA. Jika mas Yacob keberatan kasih tau saya, nanti saya cabut lagi. Silahkan lihat di: forumkaryawanswa.wordpress.com
    Atas pengertiannya saya ucapkan terimakasih
    Salam,
    Yoga

  10. halo, salam kenal
    nice site ;))
    senang bisa mampir…

  11. Thq vr much Sita, salam kenal juga…
    Your site is nice too. But I found difficulties to open it because of something problem in my office computer. May be I will reopen it at other computer or internet cafe. Cayooo…

  12. cobs …
    temen2 juga udah pada mulai punya blog sekarang. coba cek ya:

    agung: sikemal.wordpress.com
    deon: ngudoroso.wordpress.com
    nuragus: pelancong.wordpress.com

    kata si nuragus temp hari, “waaah … yacob aja punya blog kok gue nggak punya siih …?”

    hihihi

  13. Mbak Femi…
    Makasih atas kunjungannya di rumah sederhana ini. Saya sudah masukin nama Kontaners ke blogroll. Seneng deh makin rame…

  14. Bung, salam kenal. Tersentuh membaca kisah tentang Bapak…

    Teguh

  15. Salam kenal juga Mas Teguh. Keberadaan beliau makin terasa tatkala dia telah tiada.

  16. mampiiiiiiiiiiiir !!!! (hehehe…)

  17. Manggaaaak… hehehe…

  18. mas Yakob salam kenal y,..!!!

    aq juga wong pati loo,…!Pye kabare mas?
    iseh sering bali pati to,..?

    o y sampeyan patine daerah ngendi to,…!!
    aq daerah gabus yen tekan gabus mampir wae heheheheheh,…tpi neng omahe ortuQ xixixixi,…!!!

    Y ngono dhisik yo mas kpan2 kontak lagi oc:> [^_^]

  19. salam kenal, mas yacob. akhirnya aku mampir juga di blog yg sering dpromosiin di milis aji. hehehe.

  20. Salam kenal juga, makasih udah mampir.

  21. Ups, buat Mas Agung, aku di kecamatan Pati deket alun-alun. Kelurahan Pati Lor dusun Kaborongan seberang toko elektronik Matahari. Kalo aku ke Yogya pasti lewat Gabus hehehe… Aku saiki lagi cuti panjang ngancani ibuk di rumah. Salam kenal. Senang ketemu dengan orang2 Pati di dunia maya.

  22. Lama ndak ketemu ya mas. Untung ada ini, jadi bisa ketemu. Hehehehe. Say alink boleh ndak?

  23. Yah dengan senang hati. Blog sampeyan malah sudah saya link. Hehehe…

  24. piye kabare le?kelingan ra?idul adha aku meh mulih,dolan yo.salam nggo anjar.gayamu pinter masak,ra eling biyen pelajaran pkk?nggawe klepon opo bal basket?

  25. Huahahaha… klepon gak ijo babar blas, malah kunig bladus… Saiki ning ndi bos??? Aku cuti panjang ning Pati. Tapi Desember kayake balik maneh ke Jakarta. :((((

  26. dari Pati ya Mas? kalo ditugaskan ke kota itu saya tidak pernah bisa menolaknya ! menyenangkan..

  27. Iya dari Pati. Kota pensiunan, sebelah barat Juana (masih satu kabupaten sih) si penghasil trasi dan bandeng yang “diekspor” ke Semarang (kota yang “diklaim” penghasil bandeng presto itu). Hehehe… kota kecil ini memang menyenangkan. Monggo mampir kapan-kapan…

  28. maaf mas ne blognya….ketinggalan.

  29. @yasin: makasih atas kunjungannya. Setelah saya kunjung balik, saya bersyukur Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Pati punya situs. Ini bentuk interaksi dengan warga. Namun tampilannya masih sederhana yah. Moga2 memang ke depannya bisa lebih baik lagi. Kalau boleh usul, ada halaman info dong. Misalnya berita, aturan terbaru soal ketenagakerjaan (Perda Pati, PP, UU, aturan soal UMK, dll), dan info lainnya bisa dibaca oleh masyarakat. Terima kasih dan salam hangat.

  30. wah..perokok berat nih…sampek nyebul-bul… :d

  31. Hehehe… itu dulu. Sejak Februari lalu saya sudah berhenti. So sudah hampir setaon saya stop rokok… Makasih sudah berkunjung. Salam kenal…

  32. jebolan EQ ya…
    saya tetangga sebelah, di B21, sebelah barat pos satpam kampus.

  33. Salam buat kawan2 B21. Saya pernah ngisi Jurnal Balairung yang edisi burjo dan UKM…

  34. Wah, ini ternyata mas Yacob Sang Suhu Equilibrium itu. Hmm, saya baca tulisan mas di post Pak Andreas di milis pantau dan ada link ke blog ini. Keep bloging, mas!

  35. Salam kenal Mas Aries… makasih atas suntikan semangatnya. Keep blogging too…

  36. faizah Haniyyah

    berkesan buangeet “when I open it” lam kenal aja and keep on spirit

  37. Makasih Faizah, salam kenal juga. Sayangnya Anda tak menyertakan jejak URL. Punya alamat blog?

  38. Salam kenal Mas Yacobyahya
    Dulu, aku pernah bekerja sebagai wartawan di harian Merdeka, waktu BM Diah masih mengendalikannya dan kantornya masih di Jl.Sangaji. Ah, tapi itu sudah cerita basi.

    Selamat berkarya kawan. Jangan pernah membiarkan perut kosong. Kerja di dunia pers itu nggak ada habis-habisnya, tapi percayalah bumi akan tetap berputar walaupun tidak kita beritakan!

    Salam Merdeka!
    RM
    http://ayomerdeka.wordpress.com/

  39. Wow, senior banget. Salam kenal Mas Robert. Senang Anda berkunjung di sini. Sengaja saya panggil Mas, karena di dunia wartawan tak mengenal sekat birokratis, hehehe… Saya panggil pemred saya yang jauh lebih tua dengan sebutan Mas atau Bang. Sekali lagi, senang atas kunjungannya. Tabik…

  40. wah ono wong pati sing dadi jurnalist….tapi blog roll e kok mung sing related karo wartawan tok yo….he..he… salam kenal

  41. Salam kenal juga mas. Hehehe iyo e. Mung jurnalis wae sing diblogroll…

  42. salam kenal… baca blognya spt baca koran juga,…hehe

  43. Aku anak Pati. Masih tinggal di Pati😀

    Salam kenal Mas Yacob Yahya!

  44. @kucingkeren: Hehehe makasih kunjungannya sori baru bales komennya. Lg sibuk nyiapin demo 1 Mei lalu…

    @Mardies: salam kenal juga… Aku wis kunjung balik blog sampeyan. Nice site…

  45. aku bolak balik semarang-jakarta le?doake kul ku ning undip ndang rampung….oh ya, kowe oleh ponakan lanang saka aku wingi tanggal 10 maret…bakso pak pin karo gandul e pak mutiman isih dodol?

  46. Wah, selamat! Kapan kawinmu? Ra kanda2. Yoh muga2 kuliahe lancar ben bisa berguna ilmune kanggo masa depan kemajuan Pati nek kowe sukmben dipindah ke daerah asal. Bakso Pak Pin karo Gandul Mutiman masih bertahan dodolan. Cuma lokasi warunge Mutiman pindah seberang dalan warung kawake, sederetan Toko Matahari Elektronik. Oke salam kanggo bocah2…

  47. keren blognya.
    walaupun kita udah lama ga ketemu, tapi semangat kita tetap sama
    Gw, Riky, sama Etja udah sekantor sekarang.

    “dari bonbin kita akan merubah dunia”

    salam perjuangan

  48. Wah. Roris…
    Thx atas kunjungan dan komentarnya. Salam buat semuanya, selamat dah jadi penghuni menara bank sentral. Sekarang slogannya “dari Kebon Sirih mengubah dunia” dong…

  49. Pak,salam kenal. Saya Zulfi, msh mahasiswa Komunikasi UGM,baru masuk thn 2006.

    Wah,menarik juga tulisan2nya,Pak. Semoga saya bisa byk belajar dr anda.

  50. Zulfi,
    Terima kasih. Saya masih belajar nulis. Hehehe…

  51. melu cpns depkeu juga to…tenanan ki..?

  52. halo salam kenal podo podo wong pati.

  53. Roni, salam kenal juga.

  54. alo mas yacob apa kabar. masih ingat aku gandung anaknya Alm Bpk sukirman hadi parjitno dengan alamat jl. kyai saleh no 21 pati. rumah depan gandul pak mutiman and kios alm Bpka darsuki………apa kabar mas…………………

  55. Gandung,
    Tentu aku inget kamu. Rumahmu sekarang kosong, pak dokter yang beli sudah meninggal.

  56. salam kenal mas.. kalo sampeyan dulu di smp 3 berarti kula adek kelase sampeyan mas.. artikel patine sampeyan lumayan mantep mas.. soal kata-kata khas Patine apa lagi.. aku dulu juga sempet berpikir nulis tentang tema itu, tapi ga pernah kesampean..huehe2.. e.. ternyata ada yang telah merilisnya lebih dulu.. sip dah..!

  57. Salam kenal Dee,
    Yah kamus kecil lagak Pati cuma iseng-iseng aja. Rupanya banyak orang Pati yang punya blog. Bisa bikin komunitas neh. Sebelumnya ada kunjungan dari Kang Mardies ke blog ini –yang hits-nya lebih melejit daripada blog saya😉

  58. Mas yakob , selamat menempuh hidup baru yahh , semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah warohmah..amien

  59. hai Yakob .. selamat menempuh hidup baru dan selamat bekerja di kantor baru .. semoga langgeng dan sukses. salam nggo bojomu, yo .. -ika-

  60. Kawan,
    Fiedha, Yoyon, Mbak Ika, dan semuanya, mohon maaf jika lama gak update. Makasih atas ucapan selamatnya.

  61. Met menempuh hidup baru. Maaf kalo kemarin gak bisa dateng.

  62. i’m one of Yacob’s fans =)) …
    sepertinya sobat yang satu ini bakalan menjadi penulis besar di dunia….bakalan dapat nobel sastra suatu saat nanti ^_^

    ….sukses bro…….

  63. wih, sip tenan leh, nda.
    aku ya wong pati e…

  64. salam kenal dari peserta DTSD II di Jakarta Purnawarman…hehehe🙂

  65. Mas salam kenal ya. Aku dari gedaren tetangga dekat mbak Mur, dan Pakde Parto adalah figur kebanggaan kami. selamat jadi keluarga orang gunung dan gersang ya. Moga menjadi penyubur masyarakat kami. Salam tuk mbak Mur, mas Wardi, mas Supri dan mas Gito. Teman-teman ngaji di langgar dulu.

  66. MasAgus,
    Salam kenal juga. Maaf baru balas soalnya br ngenet akhir pekan. Senang kenal Anda, kemarin Sabtu kami pulang ke Ponjong, ini baru balik Yogja.

  67. wahhhh jebule situ ududan to bro…. wah2 nek ngerti ngono, pas garap tugas iso joinan he6x
    potomu ududan ra nguwati

  68. AGUS SUTANTO

    Ok mas. Kapan-kapan klo ke Metro Lampung mampir. Kami di Universitas Muhammadiyah Metro, tapi sekarang baru ngangsu kawruh di UM Malang. Mat berjuang yo moga istiqomah selalu. Salam tuk keluarga.

  69. @Radit: Hehe… aku dah mandek udut dua tahun lalu.

    @Agus Sutanto: Kalo ada kesempatan kita pasti ketemu. Pengen juga ke Lampung…

  70. Halo Mas Yaqob,
    Maaf mengganggu sebentar. Saya mau tanya kalau dari Jogja ke Pati naik travel apa ya mas?

    Nuwun
    jiwa

  71. wah cah pati podo aku, tp aku lulusan sma 2, hebat bro blognya sip, btw Pati ne ngendi?

  72. Wah…salut, ketemu cah pati akeh. aku skr di Jogja, 22 tahun meninggalkan kota pensiun. ra tau mulih Pati. wingi mampir Pati, lewat Pucakwangi soko Blora. enak tenan…..22 tahun. kota yang slalu kukenang……salam kenal

  73. pa kabar mas yacob?????
    wah enaknih bisa diskusi lagi dengan mas yakob….
    keliatannya bakal jadi pengunjung rutin di blok mu nih……

  74. prikitiiiwww..

    salam kenal mas yacob di ranah maya ini..

    jangan kebanyakan lembur ya
    :ngacir:

  75. @yasin: makasih atas kunjungannya. Setelah saya kunjung balik, saya bersyukur Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Pati punya situs. Ini bentuk interaksi dengan warga. Namun tampilannya masih sederhana yah. Moga2 memang ke depannya bisa lebih baik lagi. Kalau boleh usul, ada halaman info dong. Misalnya berita, aturan terbaru soal ketenagakerjaan (Perda Pati, PP, UU, aturan soal UMK, dll), dan info lainnya bisa dibaca oleh masyarakat. Terima kasih dan salam hangat.
    +1

  76. Salam kenal,
    wah..bangga nih, ada teman seangkatan jadi perwakilan utk acara diskusi penulis di kantor pusat (kebetulan kemarin baca di kepeg.)
    ternyata memang penulis berbakat ya…keren.

    dan, teruslah menulis…

  77. @temans: maaf lama gak update comments. makasih atas kunjungannya.
    @Lilis: makasih atas ucapannya. kemarin saya cuma beruntung, hehehe. masih banyak penulis senior yang hebat. sepanjang saya masih bisa menulis, saya akan terus menulis🙂

  78. ni mas yacob kakaknya Ginanjar Rah Widodo yah??

  79. sip sip..
    sukses selalu gan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s