Equinox Musim Gugur

Menikmati hari yang mana panjang siang sama dengan malam.

Hari ini adalah hari libur. Orang Jepang merayakan autumn equinox. Equinox merupakan hari di saat panjang siang sama dengan malam. Dalam setahun, momen itu terjadi dua kali: musim semi dan gugur. Dua bulan lagi akan turun salju.

Sayang, aku tak bisa menikmati perayaan equinox. Meski hari libur, aku dan teman-teman dari berbagai negara musti menuntaskan kursus intensif Bahasa Jepang. Aku harus menikmati “perayaan” yang satu ini.

“Nanti akan ada festival lokal kok. Biasanya sih lomba lari marathon. Kampus kita sering juara dua atau tiga… dari bawah,” Mas Naufal, seniorku di International University of Japan (Kokusai-Daigoku) menjelaskan. Dan jangan salah, yang ikut adalah kakek-kakek usia 90 tahunan.

Okesipp. Aku tak sabar berbaur dengan masyarakat Niigata. Aku ingin melebur dengan mereka merayakan tiap momen yang ada. Selamat menikmati equinox!

Leave a Reply

