The Expendable: Wadah Reuni Jawara Film Laga

Sylvester Stallone punya angan besar: mengumpulkan jagoan kawakan film action dalam sebuah movie yang ia sutradarai sendiri. Impian itu ia wujudkan dalam proyek delapan puluh juta dolar. The Expendable akan menyapa pemirsa Agustus mendatang.

Kalau Anda penikmat film laga era 1980-1990-an, mari kita uji kekuatan memori Anda –serta seberapa fanatikkah Anda. Siapa pemeran Cobra dan Rambo? Commando dan Predator? Die Hard? Jawabannya adalah Sylvester Stallone, Arnold Schwarzenegger, serta Bruce Willis.

Kemudian, kita melompat pada abad kedua puluh satu, sekarang ini. Dapatkah mereka berkumpul dalam satu film? Tunggu sebulan lagi, jawabannya hadir ketika The Expendable tayang perdana pada tanggal 13.

Ini bukan gawean gampang. Arnie sudah terlalu sibuk jadi Gubernur California. Willis juga lagi punya garapan Cop Out (jangan dibaca “copot” loh), film konyol tentang sepasang polisi gendeng yang tengah diskors tapi mau tak mau kudu berurusan dengan geng Hispanik pengedar narkoba gara-gara selembar kartu koleksi pemain bisbol. Barusan Cop Out sudah tayang.

Tak cukup dua rekannya itu, Stallone coba menyodorkan skrip kepada Jean-Claude Van Damme. Sayang, aktor Prancis itu menolak. Alasannya, karakter dirinya tak bakal berkembang. Tak habis akal, ia kontak Steven Seagal. Apes, artis berambut kuncir ekor kuda itu pun menampik, walau barang sekilas jadi cameo. Kali ini alasannya adalah Avi Lerner, bandar film action bertangan dingin yang jadi salah satu produser The Expendable. Maklum, Seagal pernah cekcok dengan Lerner.

Untungnya, aktor berdarah Italia itu mendapat ganti yang tak kalah berbobot. Jet Li, pekung-fu asal Cina yang pernah terlibat bareng Mel Gibson (Lethal Weapon 4), berhasil digaet. Petinju cum aktor Mickey Rourke menyatakan oke. Jason Statham (Transporter), aktor-pesilat asal Inggris juga mau. Statham sebelumnya sudah dua kali adu akting bareng Jet Li (The One dan Rouge Assassin). Ada juga Steve Austin, pegulat WWF-Smackdown yang lebih dikenal dengan nama panggung Stone Cold. Turut serta Dolph Lundgren.

Mungkin nama terakhir masih asing bagi Anda. Tapi, kalau sudah mengamati tampangnya, Anda tentu bakal akrab. Itu loh, aktor tinggi kekar berwajah kotak ala Skandinavia –yah, dia asli Swedia– langganan peran antagonis. Lundgren pernah jadi musuh Van Damme dalam Universal Soldier.

“Ini film laga old school. Banyak baku hantam dan baku tembak. Pokoknya seru deh,” tutur Lundgren girang. Statham tak kalah antusias. Ia melakoni sendiri setiap scene perkelahian (fight) maupun adegan berbahaya (stunt).

Film ini berkisah tentang sekelompok pasukan bayaran yang mengemban misi menggulingkan diktator kejam di Amerika Latin. Seiring berjalannya waktu menjalankan misi, akhirnya mereka sadar bahwa tugas ini penuh jebakan. Sang jenderal diktator itu sendiri mendapat beking dari seorang agen CIA.

Film ini mengigatkan kita pada The Losers (Zoe Saldana, pemeran wanita utama dalam Avatar) yang baru saja edar karena beberapa kesamaan. Ini kisah tentang sekelompok pasukan elit yang menjalankan misi di Amerika Latin (kenapa yah kok melulu ambil setting di situ?) dan ternyata misi tersebut hanya rekaan sang dalang. Setelah misi berhasil, mereka coba disingkirkan. Bedanya, jika The Expendable baru mau dibikin komiknya, The Losers tenar duluan versi cerita bergambarnya.

Rasanya kita sudah tak asing lagi dengan film berplot pasukan elit. Baru saja muncul The A-Team (Liam Neeson), yang diadopsi dari serial layar kaca yang kesohor pada 1980-an, ketika itu saya belum sekolah.

One response to “The Expendable: Wadah Reuni Jawara Film Laga

  1. Pingback: the expendable : film aksi yang harus ditonton + dikoleksi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s