B.D.K.

Kira-kira apa kepanjangan dari BDK?

Kami, para calon pegawai negeri sipil di instansi Departemen Keuangan tentu perlu digembleng dengan beragam pendidikan dan pelatihan. Nah, bagian yang repot-repot dan bertanggung jawab menggelar diklat tersebut adalah Balai Diklat Keuangan. Ia disingkat BDK.

Konsepsinya, BDK ada agar lebih dekat kepada “konsumen”. Mengigat begitu banyak kantor instansi vertikal Depkeu, dari Sabang hingga Merauke, maka BDK pun dibangun di berbagai daerah. Aku sendiri sudah dua kali merasakan diklat di Yogyakarta. Yang menyelenggarakannya, BDK Yogya. Ia terletak di Kalasan, Sleman. Aku suka suasananya.

Yang namanya manusia, tak mungkin tak pernah lelah. Capek. Exhausted. Saturated. Atau semacamnya. Ujung-ujungnya, yah tidur alias bobok. Jika di tengah-tengah sesi pelajaran kau temukan kawanmu curi-curi waktu dan kesempatan, sambil coba menyembunyikan acara tidurnya biar tak ketahuan si mentor, berarti dia sedang BDK.

Artinya, Bobok Di Kelas…

Kadang waktu istirahat kita gunakan rehat sejenak, balik kamar. Itu kalau asrama kita dekat dengan lokasi balai diklat. Lumayan, bisa recharge tenaga walau sejenak. Tapi, hati-hati dengan urusan yang satu ini. Kalau kebablasan, bisa terlantur kepanjangan menyita waktu. Walhasil, telat masuk kelas.

Itu namanya… BDK juga, Bobok Di Kamar.

Nah, selepas diklat, para pegawai kembali ke kantor instansi masing-masing. Mengemban tugas mengelola dan mengolah keuangan Negara. Ini duti yang mulia, tentunya. Tak ayal, rasa penat dapat menghinggap.

Jika sudah begitu, tidur adalah solusinya. Asal, sekali lagi asal, jangan sampai menyita waktu kerja. Lakukan saja ketika jam istirahat. Bisa di musala, masjid, atau ruangan yang tak terpakai supaya jangan mengganggu kawan yang tengah berkarya –maklum, kadang waktu istirahat bagi karyawan tertentu juga masih dipakai untuk bekerja.

Kalau begitu, namanya juga BDK… alias Bobok Di Kantor.

So, manfaatkan momen BDK Anda dengan arif dan bijaksana.

Aku pun berharap dapat beroleh peluang lagi bertandang ke BDK, untuk mengikuti diklat-diklat lainnya. Agar mendapatkan pengetahuan, agar memperoleh ilmu yang bermanfaat bagi instansiku.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s