Ingin Badan Sehat? Matikan AC Anda Sekarang Juga!

Udara dingin dari hembusan mesin air conditioner justru bikin badan kurang fit.

Jika Anda sering merasa pegal dan sakit-sakitan di ruang kantor, coba tilik kondisi ruang kerja Anda. Bila Anda menemukan mesin pendingin ruangan menyala kencang, mungkin itu penyebabnya. Sudah saatnya Anda mempertimbangkan memiliki ruang kerja yang sehat -sekaligus hemat energi.

Kok bisa? Begini ceritanya.

Badan manusia butuh ion negatif. Ion ini nerupakan atom oksigen yang banyak terdapat pada sel darah merah dan dinding pembuluh darah. Makin banyak ion negatif yang terhirup, makin lancarlah peredaran darah dalam tubuh kita. Dalam ilmu pengobatan Cina kuno, atom bermuatan elektron ini akrab disebut “Chi”. Jika ion negatif minim, badan serasa sakit dan nyeri, aliran darah jadi kurang lancar.

Masalahnya, gedung kantor ber-AC hanya mengandung 0-250 ion negatif tiap cc udara.

Saya termasuk orang yang tak betah AC. Jika pendingin ruangan menyala terlalu kencang, apalagi membuat suhu ruangan di bawah 20 derajat Celcius, kulit serasa mengerut. Jaket harus terpasang. Jika perlu, saya pakai juga penutup kepala. Walhasil, saya kecanduan kerokan karena merasa masuk angin terus.

Saya lebih suka kesejukan alami. Misalnya, mencarinya dengan membuka lebar jendela. Angin nan sejuk merupakan obat mujarab pengusir gerah. Akan jadi perkara tatkala kita hidup di tengah kota nan sibuk, padat, industrial, dan metropolitan macam Jakarta. Udara segar serasa mahal dan langka, alih-alih dengan buka jendela kita malah tersembur jelaga dan uap polusi.

Udara kota industri hanya mengandung ion negatif 250-750 tiap cc.

Tempat yang paling miskin mengandung ion negatif adalah ruangan berasap, yakni hanya 0-100 per cc. Makanya, ada baiknya pula jika kita berhenti merokok dan menjauhi perokok. Kaum pengebul asap tembakau juga perlu menghormati hak asasi orang lain untuk menghirup udara bersih. Hak untuk sehat, pendek kata. Jadi, jangan marah jika Anda tengah merokok lantas ditegur orang lain untuk jauh-jauh pergi atau memadamkan nyala sigaret Anda -itu kalau Anda perokok, loh.

Punya rumah nan nyaman adalah idaman bagi setiap insan. Ventilasi cukup, jendela yang memadai, serta sirkulasi udara yang mengalir lancar sangat menunjang kesehatan penghuninya. Saya kapok mengontrak sebuah rumah petak lantaran sakit-sakitan. Usut punya usut, hal itu karena rumah itu pengap, hanya punya jendela depan, satu pintu depan, dan kamar pengap serasa dalam oven karena cuma punya jendela kecil. Di satu sisi, tarif sewanya mahal. Dalam kondisi normal, lingkungan perumahan dengan jendela terbuka mengandung 250-500 ion negatif per cc udara. Rupanya lama mendekam di dalam rumah juga tak baik.

Makanya tiada salahnya jika Anda memburu udara segar.

Bisa jalan kaki ke tanah lapang. Dapat jalan santai di pinggir sawah. Menikmati suasana di bawah pohon rindang pada siang hari pun oke. Boleh juga bertamasya di daerah pinggir kota alias pedesaan. Udara di daerah pinggiran atau countryside kaya mengandung ion negatif, yakni 700-2.000 per cc.

Atau beruntunglah Anda jika punya hobi menaklukkan gunung. Daerah pegunungan mengandung ion negatif hingga 5.000 per cc. Rupanya ini pula yang menjadi rahasia mengapa orang gunung sehat-sehat. Udara yang sejuk serta kaya oksigen bikin badan kuat dan tak gampang capek.

Mau tahu tempat paling segar? Bergegaslah ke air terjun alami. Di sana terkandung 25.000-100.000 ion negatif tiap cc udara.

Alam begitu murahnya melimpahkan anugrah kepada manusia. Adakah kita merawatnya?

3 responses to “Ingin Badan Sehat? Matikan AC Anda Sekarang Juga!

  1. makasih yah atas semuanya
    punya posisi positif ni wordpress

    slm kenal yuah

  2. Mungkin bagi yang tidak kuat pakai AC/kipas angin lebih baik dimatikan saja karena bisa terkena masuk angin. Di samping itu juga lebih hemat listrik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s