Sepatu Buat Presiden Bush

Rupanya wartawan juga manusia. Yang punya amarah, emosi. 

Entah mimpi apa Presiden Amerika Serikat George Walker Bush? Jelang hari-hari terakhirnya memimpin negara yang konon paling adidaya ini, Presiden Bush justru mendapat “kado” lemparan sepatu.

Cerita bermula ketika Presiden Bush menggelar konferensi pers bersama Perdana Menteri Irak Nouri Maliki. Kedua pemimpin negara berdiri pada masing-masing mimbar yang berdampingan. Mr. Bush memulai konferensi pers. Para kuli tinta nampak serius menyimak.

Tiba-tiba seorang wartawan pria berdiri. Dia mengumpat-umpat, ambil sebuah sepatu dan melemparnya ke arah kepala Bush. Bush yang usianya sudah sekitar tujuh dasawarsa rupanya masih menyimpan refleks sigap. Sambil miring menunduk dia hindari lemparan itu.

Tak marem sasaran meleset, sepatu kedua susul meluncur.

Kali ini Perdana Menteri Maliki tipis menepisnya dengan jemari tangan kanan guna melindungi Bush. Kayak aksi kiper Irak yang sigap menyelamatkan gawangnya hingga menjuarai Piala Asia setahun silam.

Si jurnalis dari Irak itu belakangan dikenali bernama Muntazer al-Zaidi. Dia bekerja sebagai koresponden televisi Al-Bagdadia yang mengudara di Kairo Mesir. Al-Zaidi kalap meracau waktu Amerika sudah habis di tanah Irak… sudah saatnya tentara Amerika hengkang dari Irak… Presiden Bush (maaf) anjing…

Amerika sendiri berniat tuntas menarik pasukannya secara bertahap hingga 2011. Komitmen ini nampaknya menjadi harapan cerah setelah terpilihnya Barack Obama sebagai presiden anyar yang efektif mulai bekerja pada Januari 2009. Saat ini masih ada 146 ribu pasukan Amerika yang menduduki 400 lokasi di negeri seribu satu malam itu.

Ini yang unik. Pelemparan sepatu, dalam budaya Irak, adalah tindakan penghinaan yang dianggap paling menghinakan. Pada 2003, waktu penggulingan patung Presiden Irak Saddam Husein –simbol keruntuhan rezim Saddam usai dia ditangkap tentara Amerika dan sekutunya, banyak warga menimpuki wajah patung itu dengan sepatu.

Paspampres Gedung Putih rupanya bisa kecolongan juga yah…

One response to “Sepatu Buat Presiden Bush

  1. Hmm, memang rakyat yang tertindas akan menuntut balas.

    Ada yg menarik dari si wartawan ini, si AL Zaidi kalo menutup interview/reportase selalu menutup dengan kata2 : “….saya laporkan dari tanah pendudukan Baghdad”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s