Film Pendek Mama Melaju ke FFI 2008

Rasa penasaran dan ingatan saya jadi tersentil oleh sebuah artikel berita tentang Festival Film Indonesia (FFI) tahun ini. Nominasi dari berbagai kategori terpampang. Perhatian saya tertuju bukan pada nama besar para sutradara maupun aktor dan aktris yang berseliweran jadi nominee, melainkan pada salah satu judul film pendek, “Cheng Cheng Po”. Ini film turut meramaikan untuk penghargaan kategori film pendek.

Kalau saya tak salah, bukankah itu film karya kawan saya, Romna Djazuli?

Saya coba goda dia dengan pesan singkat. “Ya Allah, semoga film Cheng Cheng Po menang…”

Mama, panggilan akrab dia, hanya merendah. “Ah itu kan film buatan rame-rame orang banyak. Aku cuma nulis,” balasnya.

Kami bertemu akhir Maret lalu. Dia bawakan sekeping disket kompak yang berisi film itu kepada saya. Saya tonton setiba di rumah kontrakan Jakarta –waktu itu saya masih kerja di sana. Bagus.

Film ini bercerita tentang keberagaman yang justru sudah dipahami oleh anak-anak seusia sekolah dasar. Ada empat sekawan. Seorang cewek dan tiga cowok. Ada yang dari Indonesia Timur, ada yang asli Yogya –setting latarnya memang kota gudeg, ada yang keturunan Tionghoa. Belum lagi latar belakang agama. Ada yang Islam, ada yang Kristiani. Ditimpal latar belakang keluarga. Ada anak tak mampu, ada anaknya orang kaya. Namun mereka bisa rukun dan bahu-membahu, tolong-menolong, saling mencari solusi.

Film ini sederhana. Namun padat makna.

Saya harap film ini menang dalam FFI tahun ini. Semoga. Kita lihat saja pada malam puncak festival ini, besok Sabtu.

2 responses to “Film Pendek Mama Melaju ke FFI 2008

  1. Wah,
    Akhirnya film itu menang juga. Pengumumannya pada hari Sabtu, 13 Desember lalu. Banyak berita sudah tersebar, contohnya klik tautan ini: http://entertainment.kompas.com/read/xml/2008/12/13/e031843/ffi.2008.yang.redup.yang.bersinar

    Selamat yah Ma… Bravo buat semua anggota tim yang terlibat…

  2. thanks… btw yang maju ngambil pialanya popo kok…selametinnya ke dia aja…hehe…

Leave a Reply

