RATM Kacaukan Konvensi Republik

Macan yang telah lama tidur itu kini galak mengaum. 

Begitu gembira saya mendengar kabar Rage Against The Machine reuni tahun lalu. Rambut gimbal dreadlock vokalis Zack de la Rocha kini berubah jadi kribo brekele. Belum ada album anyar. Tapi mereka meramaikan festival-festival kelas berat semacam Rock am Ring di Jerman, Woodstock, dan lainnya. Sambutan fans? Jangan tanya. Tak ada yang lupa. Tak ada yang berubah. Ribuan kepala selalu padat menyesaki stadion tiap mereka manggung.

Saya fans band ini. Alasannya, ini band ideologis dan politis abis. Alirannya kiri mentok. Namun grup ini tak asal dan mengabaikan skil yang memukau. Tom Morello, si gitaris, punya kemampuan yang memukau, berjulukan DJ gitaris karena mampu menimbulkan suara scratch piringan hitam ala disc jokey. Anda bisa simak pada Bulls on Parade yang dinominasikan pada Grammy Award. Itu gitar murni. Yah, band ini memang mempertahankan sound yang mentah: hanya vokal, gitar, bass, dan drum (kadang ditambah perkusi). Tak ada kibor, sampel, sintesiser, atau peranti pemoles audio lainnya.

(RATM gelar konser dadakan pada Konvensi Partai Republik, 3 September 2008. Konser dipadati ribuan fans yang mendemo konvensi tersebut, polisi membubarkan massa dengan paksa, 102 orang ditangkap. Gambar diambil dari Wikipedia pada 31 Oktober 2008.)

Yang bikin heboh barusan ini adalah tingkah mereka mendemo konvensi Partai Republik pada 2-3 September lalu, di Target Center, Minnesota, Minneapolis. Gitaris Tom Morello ngotot berargumen dengan petugas keamanan, namun tak beroleh izin juga.

Akhirnya mereka nekat juga, di tengah kerumunan massa membeset Bulls on Parade dan Killing in the Name. Lautan manusia pun bergemuruh. Polisi membubarkan paksa konser impromtu itu, dan 102 demonstran diamankan.

Nampaknya John McCain takkan lupa akan polah mereka.

Aksi politis band ini makin kental, setelah hampir tujuh tahun vakum, sejak 2000. Zack bikin proyek solo, sedangkan tiga personil lainnya, sempat membentuk band Audioslave bersama vokalis Soundgarden, Chris Cornell. Kini, Audioslave malah jadi vakum karena Chris mengklaim tak ada kecocokan dengan personil lainnya.

2 responses to “RATM Kacaukan Konvensi Republik

  1. bagusssssss

  2. keren band idola ku yang idealis, menyuarakan perdamaian dan anti war………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s