Hidup Sehat Ala Orang Gunung

Simak dan temukan rahasia hidup sehat orang gunung.

Saya baru saja terapi tusuk jarum, Kamis kemarin (30/10). Ini treatment saya yang ketiga. Saya punya keluhan sesak dada. Ditambah hasil tes darah kolesterol total dan LDL yang makin mengkhawatirkan, saya perlu waspada, jangan-jangan risiko jantung makin mendekat.

Saya ke akupunkturis Paulus Sumpani, di Jalan Veteran, dekat terminal (lama) Umbulharjo. Duh, ramenya bukan buatan. Harus antre. Pak Paulus hanya melayani pasien yang datang pada pukul delapan hingga sepuluh pagi. Di atas waktu itu, dia sudah angkat tangan. Lebih baik Anda datang pada sore hari, antara pukul tiga hingga lima, kalau sore ke Warungboto.

Sembari menunggu giliran, saya baca selembar kertas iklan yang ditempelkan pada sebuah pintu. Ada tulisan peringatan. Khusus Dibaca Di Sini, Kalau Hasrat Dicatat Saja. Ini iklan tentang sebuah papan kesehatan dari kayu seberat lima kilogram. Papan itu berbentuk segitiga. Sisi dasar untuk menempel pada lantai, dan dua sisi lainnya membentuk kemiringan. Derajat kemiringannya bisa diubah-ubah, dari yang paling landai hingga yang paling curam.

Papan yang bernama Solid Wood ini berguna untuk melancarkan peredaran darah; melatih kekuatan Anda supaya bisa berjalan lebih jauh dan berdiri lebih lama tanpa merasa capek atau letih; meningkatkan stamina; dan walhasil… ujung-ujungnya… hmmm… menjaga daya tempur di ranjang.

Cara menggunakannya? Tempelkan kedua telapak kaki Anda, berdiri di atas papan yang miring itu. Sikap tubuh harus tegak lurus. Hasilnya, kedua telapak kaki Anda dipaksa miring mengarah ke atas. Apa yang Anda rasakan adalah tekanan pada pangkal kaki di bawah betis. Anda merasa kencang. Rasa kencang itu perlahan-lahan akan menjalar makin ke atas, ke betis, paha, pinggang, makin lama juga akan ke punggung. Berdirilah antara 10-15 menit. Kebugaran Anda bakal meningkat.

Saya ngobrol dengan para pasien yang juga menunggu giliran. Kami diskusi kecil. Oh, ini toh, yang bikin orang-orang gunung jadi sehat. Struktur tanah yang menanjak membuat telapak kaki mereka mengarah ke atas untuk menapaki jalan. Ada baiknya sesekali Anda mendaki gunung.

Jika Anda gemar pemanasan atau olahraga kecil-kecilan, cobalah duduk, kaki lurus ke depan. Tariklah telapak kaki ke arah Anda. Toh akan Anda rasakan kekencangan yang sama.

Selain membeli papan Solid Wood yang berharga lebih dari seratus ribu rupiah, sebenarnya kita punya cara sendiri.

Jika Anda hidup di perkotaan, Anda bisa mengadopsi treatment ini. Temukan lantai berstruktur undakan. Bisa tangga, asalkan ada lantai yang lebih rendah, dan satunya lebih tinggi. Jika tidak menemukan lantai seperti itu di rumah, carilah di lingkungan kantor tempat Anda bekerja. Jika sudah ketemu, langkah kedua, carilah papan –boleh kayu, boleh apa saja– yang penting bisa kuat menopang berat badan Anda dan dua tapak kaki Anda. Papan itu harus bertahan lurus, tidak melengkung apalagi patah jika Anda injak. Letakkan papan itu miring di lantai berundak. Berdirilah di atas papan itu, nikmatilah otot kaki yang mengencang, dan kekencangannya makin menjalar. Lakukan 10-15 menit sehari. Anda dapat meningkatkan level latihan dengan menambah derajat kemiringan papan itu.

Anda dapat mengganti papan buatan itu dengan menemukan lantai yang berstruktur luncuran atau slurudan –ini lebih praktis. Misalnya, undakan khusus pengguna kursi roda. Bangunan fasilitas sosial dan fasilitas umum kini dituntut untuk bisa digunakan pula oleh golongan orang-orang cacat (bahasa penghormatan bagi mereka, “kaum difabel” –dari kata differentiated ability). Cuma, kebanyakan struktur lantai luncuran seperti ini berkemiringan rendah.

Ini terapi yang dipercaya dari ilmu kesehatan Cina kuno. Agar lebih maksimal, tariklah otot –maaf– dubur ke atas. Katanya sih, chi akan optimal mengalir.

Satu lagi rahasia kebugaran orang gunung. Yakni berani mandi air dingin. Brrr… Ini saran Pak Paulus sendiri. Kata lulusan Rumah Sakit Bethesda ini, air dingin dapat melecut orang untuk beraktivitas dan lebih segar. Air dingin juga bikin sehat. Cuma, kita berani kagak?

Saya membandingkan saran dokter lainnya, ketika saya dan calon istri, Murjayanti, konsultasi ke seorang dokter di daerah Gejayan. Kata pak dokter itu, otot yang bekerja terus alias beraktivitas terus akan menghasilkan asam laktat. Asam laktat inilah yang menimbulkan rasa capek, letih, pegel. Asam laktat dapat hancur jika kena tekanan (dipijat) atau air hangat (mandi dengan air hangat). Efeknya bagi tubuh rileks, cocok untuk otot yang butuh istirahat.

Nah, dari saran dokter-dokter yang berbeda itulah, saya berkesimpulan mandi air dingin untuk memulai beraktivitas, dan sesekali mandi air hangat jika memang sudah letih bin pegel. Jangan sampai kita melulu mandi air hangat yang bakal membuat tubuh kita rileks, padahal tak diimbangi oleh aktivitas.

Oyah, khusus pijat-memijat, hati-hati jika memijat leher dan punggung. Dipijat boleh, tapi diurut jangan. Mengapa? Tubuh kita ditopang oleh tulang belakang. Rentetan ruas tulang inilah yang menjadi poros tubuh kita. Memajang dari leher hingga tulang punggung, dan berakhir di tulang ekor. Sepanjang tulang belakang ini dipenuhi oleh simpul-simpul syaraf. Jika diurut terlalu kencang, dikhawatirkan simpul syaraf itu bergeser. Selanjutnya, jika ada gejala stroke atau penyakit syaraf lainnya, lantaran letak yang berubah, ahli syaraf susah untuk mendeteksi dini.

2 responses to “Hidup Sehat Ala Orang Gunung

  1. Pingback: Ingin Badan Sehat? Matikan AC Anda Sekarang Juga! « My Thought, My Activism, My Life, Myself

  2. helloo…
    saya ingin tanya, apakah akupunkturis Paulus Sumpani, masih berpraktek di Jalan Veteran, dekat terminal (lama) Umbulharjo ??

    rgds
    sami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s