Melepas Ramadan

Harusnya hati berat kau tinggalkan.

Sudahkah Anda merasakan tahap merasa kehilangan ketika Ramadan tinggal beberapa jam lagi? Alhamdulillah, hingga kini saya masih full puasa. Hingga artikel ini ditulis pada 30 September 2008 siang hari usai duhur, saya masih bisa menahan lapar dan dahaga.

Saya sangat bersyukur, bisa khatam sekali baca Al Quran pada bulan ini. Setelah sekian lama, akhirnya saya tamat juga. Saya taktahu sudah yang keberapa. Yang jelas lima belas kali lebih. Ramadan seperti tempat peristirahatan yang ideal, lari jauh dari rutinitas pekerjaan duniawi.

Saya juga tarawih penuh selama tiga puluh hari ini. Nanti malam tak ada lagi salat bersambung itu, berganti dengan gema takbir. Pertanda kemenangan, kata banyak orang. Kemenangan atas apa? “Menaklukkan Ramadan-kah”? Apanya yang ditaklukkan? Mampu puasa penuh tiga puluh hari tanpa putus? Saya takut jangan-jangan ini arti kemenangan yang salah kaprah.

Mengapa salah arti? Banyak orang bijak bestari menyatakan –terutama Muhammad– dalam sekali ada tamu agung yang perlu kita sambut. Tak lain, yakni Ramadan itu sendiri. Jika kita tahu arti sebenarnya apa yang terkandung dalam kebesaran Ramadan, maka kita pastilah selalu berharap semua bulan sepanjang tahun adalah Ramadan.

Lantas apa alasan kita bersuka cita tatkala Lebaran hendak tiba?

Sudahkah kita mencapai tahap suasana hati berkecamuk dan sedih ketika Ramadan di ambang pintu keluar berpamitan dengan kita? Semoga tahun depan kita berkesempatan menyambut dia datang kembali. Mengetuk pintu hati kita, dan kita sambut dengan mempersilakannya masuk ke setiap bilik ruang kalbu ini.

3 responses to “Melepas Ramadan

  1. selamat lebaran

    mohon maaf lahir dan batin

  2. Taqabal ya karim, mohon maaf lahir dan batin.

  3. Assalamu’alaikum Yacob…
    Piye kabare?
    Met lebaran yach. Taqabbalallahu minna wa minkum. Mohon maaf lahir batin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s