Download dari Youtube? Bisa!

Ini eranya right to copy. Jangan pelit berbagi dengan berlindung di balik dalih copyright. Benar gak?

Ginanjar Rah Widodo, adik saya, memperlihatkan dua video klip lagu Korn. Untouchables dan Thoughtless. Dia bilang keduanya dia unduh dari Youtube. “Pakai saja Keepvid,” tuturnya.

Saya sangat antusias untuk mencoba. Saya penasaran pengen memetik berbagai nomor favorit. Ambillah contoh lagu jadulnya Dubstar yang berjudul The Stars. Lalu ada Comforting Sound punya Mew. Larc en Ciel (baca: Laruku) maupun alter ego mereka, Punk en Ciel. Iwan Fals. Inka Christie. Dan sebagainya. Kemaruk deh jadinya.

Mungkin Keepvid hanyalah salah satu situs pengunduh video. Saya belum tahu yang lain. Maklum, saya gaptep habis. Berikut beberapa tip download video dari Youtube (dan situs pengunggah video lainnya).

1. Buka situs Youtube (www.youtube.com), bukalah video yang Anda maksud.
2. Buka situs Keepvid (www.keepvid.com).
3. Dari Youtube, jika Anda sudah membuka video yang Anda incar, kopi alamat URL-nya. Tak perlu menunggu video penuh terlihat (tak perlu menunggu barcode penuh terisi). Kita cuma butuh alamat URL video tersebut. That’s it.
4. Pindahkah alamat URL dari Youtube ke kolom download pada Keepvid, dengan paste. Klik tombol download.
5. Tersedia dua pilihan tipe file unduhan. Mau yang bermutu rendah berjenis file flv, atau yang berkualitas tinggi macam tipe mp4.
6. Klik kanan, dan pilih save file as. Pilih folder di mana Anda menyimpan dengan nama file sesuai keinginan Anda. Silakan tunggu file terunduh penuh.
7. Jangan mendownload beberapa file bersamaan. Bakal lelet bin lemot. Sabarlah, unduh satu-dua file jika ingin bersamaan. Saya sarankan maksimal dua file sekaligus.

Silakan mencoba.

3 responses to “Download dari Youtube? Bisa!

  1. kalau saya tadi nemu ini http://minggir.co.cc bisa langsung search disitu..ndak perlu buka youtube dulu😀 dan ndak cuman youtube saja..sumbernya dari metacafe,google,break..dan ada menu buat cari2 & download mp3+lirik lagu juga..lumayan lengkap seh..layak untuk dicoba (lhah kok iklan heheheh) o iya salam kenal juga dari saya..blogger newbie😀 jangan sungkan2 mampir blog saya…soalnya saya juga harus banyak belajar lagi dari blogger2 senior😀 maturnuwunn

  2. huehehe.. tengkyu mas yacob.. akhirnya gw bisa donlot dari yutub jg.
    untung gw masi rajin buka blogmu. hihi. btw, piye kabare? katanya dah tunangan sm mbak ‘spidergirl’?

  3. bachtiar dan Imam,
    Sory, baru bales. Aku kurang update buka-buka internet. Mam, soal kabarku sama Mbak Spidergirl tunggu saja tanggal mainnya akhir tahun ini. Hehehe…
    Oyah, soal download-mendownload, aku masih ada tips lagi.
    1. Jika proses download Anda macet, jangan buru-buru mencak-mencak. Cek dulu transfer statusnya, sudah berapa banyak sebagian file yang terdownload.
    2. Klik kanan, ada beberapa pilihan. Jangan pilih restart download karena akan kembali ke awal, di mana transfer status Anda mulai lagi dari nol kb.
    3. Pilihlah resume download, maka besarnya file yang sudah terdownload akan pulih dan proses pengunduhan kembali berlangsung.
    4. Bersabarlah dan tunggu hingga transfer status download berhasil alias done.
    5. Gudlak and God is nearer than your vein.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s