Takar Film The Mummy: Tomb of The Dragon Emperor

Jet Li berwajah dua. Dalam film Hero, dia bersama Tonny Leung, Donnie Yen, Maggie Cheung, Zhang Ziyi coba membangun filosofi pendirian tembok besar Cina. Our land, tanah kita. Tanah Tiongkok nan luas harus disatukan oleh seorang raja demi melindungi jutaan rakyat. Tembok dibangun oleh Dinasti Qin untuk menghalau serangan bangsa dari utara.

Dalam film sekuel terakhir The Mummy kali ini, Jet Li melakoni seorang raja Disnati Qin. Sang raja rakus kekuasaan, mencaplok daerah mana saja, serta membentengi wilayahnya dengan membangun tembok raksasa. Dengan perbudakan. Setiap jasad musuhnya dia kubur di bawah tembok itu. Sang raja takut mati, berambisi untuk hidup abadi.

Film The Mummy kali ini kayaknya hampir menyaingi Indiana Jones. Ada kesamaan kisah: petualangan arkeolog.

Nampaknya Jet Li mulai tak alergi untuk peran antagonis. Pertama kali nampaknya dia berperan jahat untuk Lethal Weapon IV, main bareng Mel Gibson. Pada The Warlords, dia mengkhianati Andy Lau, coba merebut istri saudara sesumpah darah itu. Nasibnya pungkas di ujung belati Takeshi Kaneshiro. Ketiganya mengikat persaudaraan lewat sebuah sumpah.

Kali ini, dia jadi seorang kaisar bengis. Kaisar Han alias Kaisar Naga yang menguasai lima unsur di bumi ini yang dipercayai oleh bangsa Cina: api, air, kayu, logam, serta tanah. Keinginannya menguasai seluruh dunia. Penaklukan demi penaklukan dan penjajahan demi penjajahan dia lakoni.

Hingga dia takut pada satu hal: jadi tua dan mati. Dia ingin abadi. Dia cari seorang ahli mantra. Penyihir abadi itu adalah Zi Yuan yang diperankan oleh Michellle Yeoh. Michelle juga jadi narator kisah ini. Kaisar kepincut pada kecantikan Zi Yuan. Namun si penyihir justru jatuh hati pada jenderal kepercayaan kaisar, Ming.

Lewat tipu daya, kaisar menghukum mati jenderal dan hendak menguasai Zi Yuan. Lewat mantranya, Zi mengutuk kaisar beserta ribuan pasukannya jadi patung lempung atau terakota. Mereka jadi mumi lempung. Jangan sampai kaisar ini dibangunkan lagi.

Alur cerita bisa ditebak. Ricochet O’Connell beserta sang istri, Eve, terlibat dalam petualangan lantaran kebangkitan sang mumi. Mereka kudu menghentikan kekejaman Jet Li. Ric masih diperankan Brendan Fraser. Satu tokoh muncul, Alex O’Connell, anak Ric dan Eve yang sudah dewasa.

Alex-lah yang menggali reruntuhan kerajaan Han dan menemukan patung-patung terakota itu. Alex terlibat asmara dengan anak Zi Yuan, Lin yang juga abadi, berusia 2.000 tahun. Lin menjaga kuburan kaisar itu agar jangan bangkit lagi.

Terlanjur, sang kaisar bangkit lantaran ambisi seorang jenderal Cina, Yang. Sang jenderal modern itu diperankan oleh Anthony Wong. Dia hendak mewujudkan kejayaan Cina di bawah kaisar kuno. Dia rela mengabdi pada Kaisar Han.

Yang bikin saya agak heran adalah adegan kejar-mengejar di padang salju Himalaya. Udara boleh dingin. Namun uap air tak muncul dari mulut para tokoh. Kentara, mereka hanya di sebuah studio. “Kok gak ada uapnya yah? Padahal dingin penuh salju,” komentar Mur yang nonton bareng saya.

Lin punya kawan, tiga ekor yeti, si makhluk salju yang kini masih jadi mitos keberadaannya. Yeti inilah yang membantu Lin dan konco-konco menghadapi Kaisar Han dan Jenderal Yang. Akhir cerita bisa ditebak. Kaisar kalah dengan ditikam sebuah belati ajaib tepat pada jantungnya.

Yang bikin saya kurang puas adalah aksi laga Jet Li yang kurang eksploratif. Jurus-jurus kungfu tak nampak, seperti pada duet Jet Li dengan Jacky Chan pada The Forbidden Kingdom. Perkelahian tetap ada sebagai menu utama film petualangan. Namun sayang, kebanyakan diambil dengan jarak dekat. Gemulai jurus bela diri ala Cina ini tak nampak banyak.

Forbidden Kingdom rilis beberapa bulan lalu. Nampaknya tahun ini Jet Li terlibat dalam sejumlah film besar.

2 responses to “Takar Film The Mummy: Tomb of The Dragon Emperor

  1. hmm…kali ini the mummy kurang greget..filmnya biasa saja..šŸ˜¦

  2. iya deh kurang greget, setuju….bagusan film yang sebelumnya ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s