Bakal ada Film tentang Chun Li

Penyuka game Street Fighter? Apa karakter favorit Anda? Chun Li? Gadis manis asal Cina itu? Bersiap-siaplah. Soalnya bakal ada filmnya, Street Fighter: The Legend of Chun Li. Sayang, karakter kesukaan saya, Ryu -si jagoan utama bersama kolega seperguruan Ken, tak hadir. Namun, bakal dijanjikan tampil pada sekuel mendatang.

Bintang film ini bakal ciamik. Mulai dari pemain serial Smallville -kisah remaja Superman, hingga bintang band hip hop Black Eyed Peas. Sayang, Jean Claude Van Damme dikabarkan enggan menyemarakkan ini film.

Saya suka banget game ini. Sejak sekolah dasar, berlanjut ke sekolah lanjutan tingkat pertama, sekolah menengah atas, kuliah. Berawal dari video game alias ding-dong. Lantas berlanjut ke Nitendo, Sega, hingga Play Station. Saya dulu suka main Sega milik teman SLTP, Robith Februansyah Haidar. Kalau tidak di rumah Haidar yah di rumah teman saya sejak SD hingga SMA, Rahadi Wibowo -sering dipanggil Didik. Tak jago-jago amat, tapi setidaknya mampu menamatkan dengan memakai karakter Ryu.

Film soal game ini beredar pertama kali pada 1994. Waktu saya SLTP kelas satu. Saya nonton di bioskop kota kelahiran saya, Pati. Namanya Bioskop Indra. Waktu itu ada dua bioskop di kota kecil ini. Indra dan Gelora. Namun beberapa saat kemudian keduanya gulung layar. Hingga kini, lebih dari satu dekade, kami tak punya gedung sinema kebanggaan.

Film itu dibintangi Van Damme, si pemeran Frank Duke Ryu dalam Bloodsports. Mungkin karakter Ryu terinspirasi dari kisah film itu. Ada beberapa kesamaan plot. Ada sebuah turnamen -dalam Bloodsport disebut Kumite.

Berikutnya ada pula versi serial dan kartunnya.

Van Damme, sebagai tokoh utama, memerankan Guyle. Saya juga suka karakter itu. Jurus andalannya bulan sabit. Tapi tetap saya paling suka Ryu. Selain bintang asal Prancis itu, ada pula Kylie Minogue, bintang kebanggaan negeri kanguru -sebagai Cammy. Sebenarnya tokoh Cammy termasuk penjahat dalam versi game. Tapi dalam film jadi lakon bersama Guyle, sebagai pasukan PBB. Padahal dalam versi game, Guyle adalah tentara Amerika Serikat, sedangkan Cammy termasuk pasukan Shadowloo yang dipimpin penjahat utama, Mister Bison.

Chun Li sendiri dimainkan oleh Ming Na -Chun Li sebagai wartawan. Padahal dalam versi game dia sebagai agen Interpol. Dalam film kartun, Chun Li berkolaborasi dengan Guyle menyingkap kejahatan Bison dan konco-konco.

Nah, film tentang Chun Li ini rencananya bakal tayang pada Februari 2009. Asal tahu saja, Chun Li tercatat sebagai karakter cewek pertama video game genre fighting. Jurus andalannya adalah Flying Bird Kick. Serta si kaki seribu. Ini kebalikan dari jurus pesumo E. Honda, si tangan seribu. Chun Li, Guyle, Honda termasuk karakter game Street Fighter generasi awal, muncul pertama kali pada Street Fighter II.

Karakter utama game ini sebenarnya adalah Ryu dan Ken. Duo karateka ini sudah tampil pada seri pertama. Selanjutnya? Mereka tak pernah absen tampil pada seri-seri lainnya.

Peran Chun Li jatuh pada Kristin Kreuk. Itu loh, si pemeran Lana Lang dalam Smallville, kekasih Clark Kent si calon Superman. Sebelum si manusia super jatuh hati pada jurnalis Louise Lane.

Ada pula Taboo, si penyanyi grup Black Eyed Peas. Rambutnya yang gondrong lurus dan wajah latinnya memang cocok memerankan Vega yang asal Spanyol.

Jangan lupakan Robin Shou. Dia sebagai Gen. Si pendekar tua asal Cina, satu negeri dengan Chun Li. Gen adalah kawan ayah Chun Li. Wajar kalau karakter ini kental dengan kisah Chun Li. Robin Shou juga kita kenal sebagai pemeran Liu Kang dalam film Mortal Kombat.

Van Damme? Dia ditawari sih. Namun kabarnya menolak. Van Damme beralasan dia saat ini selektif menerima tawaran peran. Alhasil, karakter Guyle bakal tak ada. Namun kolega Guyle, Charlie alias Nash bakal nongol. Dia diperankan Chris Klein.

Asal tahu saja, video game yang menyadur kisah film sih berjibun. Tapi, jika kebalikannya, film dari video game, bisa dihitung dengan jari. Dan baru belakangan ini jadi marak. Awalnya cuma Super Mario Bros (Nitendo), menyusul… apa hayo… apa lagi kalau bukan Street Fighter -pada 1990-an. Lalu ada Sonic The Hedgehog (Sega). Serta Mortal Kombat (Sega) -ini juga game kesukaan saya, terlebih MK II. Lantas ada pula Final Fantasy, Resident Evil (trilogi alias tiga seri yang dibawakan Milla Jovovich) -keduanya keluaran Sony Play Station, dan sebagainya.

Jadi gak sabar mau nonton si pendekar cantik.

7 responses to “Bakal ada Film tentang Chun Li

  1. Eh, Chun Li artinya musim semi yang indah. Chun artinya spring dan Li artinya beautiful.

  2. Haha,
    tadi ternyata aq komen di tahun baheula. Dasar amatir.

    Pelem Chun Li…kita pernah maen ding dong “street fighter” bareng di depan biskop Indra, gak? Opo cuma ma Jati, ya.

    Regards,
    Putune Mbah Kaji.😀

  3. Nana,
    Aku terakhir main Street Fighter di Sumber Urip sebrang rumahmu hbs ngaji di langgar… Hehe…

  4. nek ngundang didik opo nyemok…hehe..

  5. oh yo..ojo lali beskop delta..dadi ono 3…kowe elinge gelora wae,kub..sering nonton kono yo..hehe

  6. Wakakakak… Didik opo Nyemok. Bioskop Delta soale aku ratau nonton ning kono Ron. Mung ning Gelora karo Indra.

  7. Wah Chun-Li, mudah2an pemerannya bisa tampil keren dan seksi deh, jadi jatuh hati ma Chun-Li, wakakaka ….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s