Akhirnya Tamat, Avatar: The Last Airbender

Saya maniak berat film kartun keluaran Nickelodeon ini. Koleksi keping dvd saya komplet lah. Mulai book one hingga three. Book setara season. Tiap chapter tak pernah lewat. Chapter seperti episode. Rata-rata tiap book terdiri dari dua puluh chapter. Ini film pertama kali rilis sejak 21 Februari 2005. Uh, penantian yang panjang.

Film ini ditonton oleh rata-rata 1,1 juta pasang mata per episode. Tak ayal, film ini menyabet penghargaan film kartun pilihan anak-anak tahun ini (Kid’s Choice Award).

Versi serial teve menggeber episode terakhir 19 Juli lalu. Setelah itu baru saya cari-cari cakram kompaknya, di ITC Permata Hijau. Tiap-tiap pengendali unsur sudah pada tingkat kemampuan puncaknya. Katara si pengendali air bisa membuat stalagtit-stalagmit es nan runcing, bisa menggerakkan tubuh orang dari aliran darahnya (bloodbender). Ini jurus yang diajarkan oleh Hama. Zuko mampu mengimbangi adiknya -pengendali api, Azula dengan menciptakan petir. Azula masih dengan api birunya -lebih ganas daripada api merah. Toph si pengendali bumi mampu mengendalikan logam -logam adalah hasil bumi dan memang terkandung dalam bumi, selain logam pasir pun dia kendalikan. Padahal sebelumnya, pada episode The Deserter, Toph kesusahan mengendalikan pasir lantaran butiran tanah itu terlalu halus. Sedangkan Aang, si pengendali udara terakhir, sebagai Avatar, dia sudah kuasai semua elemen. Termasuk mengendalikan petir sewaktu duel lawan Raja Ozai.

Plot film ini hampir sama dengan kebanyakan film anak-anak: happy ending. Yang jahat harus takluk dan yang baik pasti menang. Zuko jadi raja baru Kerajaan Api. Menyatukan semua suku, Water Tribe, Earth Kingdom, dan Fire Nation dalam sebuah kedamaian. Bukan dalam sebuah penaklukan seperti ambisi ayahnya dan adiknya, Ozai dan Azula.

Air Nomad? Karena Aang adalah satu-satunya suku udara yang tersisa, golongan orang yang selalu menggundul kepalanya (prianya) ini tak nampak.

Setiap sesuatu ada awal, ada pula akhirnya. Setelah tuntas, film apa lagi yang saya sasar yah? Buat penikam waktu daripada bengong. Apalagi di akhir pekan. Ada rekomendasi?

2 responses to “Akhirnya Tamat, Avatar: The Last Airbender

  1. aku juga fans berat Aang. cuman masalahnya aku cuma liat lewat internet via you-tube. jadi gak selalu up date. film itu emang bagus banget dan kayaknya blum tergantikan buat aku.
    yang menarik sementara ini ya naruto atau one piece. .

  2. Dwi Agustina Putri

    aVatar sLesai yAchh??
    kQ endingnYa gTu ajA?
    tMbah lG dUnk..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s