Alter Ego Band

Mungkin band kita perlu mencobanya.

Saya adalah penikmat band J-Rock asal negeri sakura, L’Arc en Ciel. Belum taraf penggemar fanatik. Tak semua lagu saya kenal. Namun saya sangat gandrung pada lagu Driver’s High. Lengkingan gitar dan dentuman bas mereka sangat menghibur. Ini sountrack film serial kartun Great Teacher Onizuka. Lagu pembuka pada season pertama.

GTO belakangan dibikin versi film pakai orang beneran, bukan animasi kartun. Ini trend yang juga dilakukan oleh Detective Conan, Chibi Maruko Chan (ini lucu banget), dan beberapa film lainnya yang bermula dari kartun.

Saya kenal lagu mereka pertama kali dari serial kartun Samurai X (Kenshin Himura). Salah satu lagu band ini nongol pada penutup film. Mungkin beberapa lagu band ini jadi langganan pengisi tema film manga. Selain itu, ada Ready Steady Go yang mengisi sebuah film kartun (saya lupa judul filmnya).

Nama band ini berarti pelangi dalam bahasa Prancis. Band ini terdiri dari Hyde (vokal), Tetsu (bas), Ken (gitar), dan Yukihiro (drum). Berdiri pada 1991. Sekarang jadi band sohor, termasuk 100 besar penyanyi di Jepang.

Rupanya sekelompok pria yang kini rata-rata berumur 40 tahun ini juga punya band lain. Namanya Punk en Ciel. Formasinya sama. Cuma pembeset perantinya yang bergeser. Hyde pegang gitar, Tetsu jadi vokalis, Ken gebuk drum, dan Yukihiro betot bas. Sangat unik. Meski membawakan lagu-lagu L’Arc, warna musik Punk memang sesuai dengan nama band itu: punk.

Cuma, aksi panggung Tetsu menurut saya tak serancak jika pegang bas. Sebagai vokalis, dia kurang polah layaknya Hyde. Namun, tiap kali manggung, entah sebagai L’Arc atau sebagai si alter ego, penggemar selalu gempita terguyur histeria.

Saya pikir band negeri kita perlu menjajal kreasi seperti yang digelar oleh Hyde dan konco-konco. Tunjukkan kalau anak band tak cuma menguasai satu alat musik!

Leave a Reply

