Musimnya Epaper

Ada perkembangan menarik akhir-akhir ini. Kita bisa baca koran dari layar komputer. Loh?

Beberapa harian mengusung tampilan cetaknya ke dalam format pdf di situs mereka. Istilahnya epaper atau kertas elektronik. Mari kita lihat contohnya. Ada Koran Tempo, Kompas, dan Kontan. Saya tergelitik juga. Apakah mereka tidak “bunuh diri”? Bisa jadi pelanggan riil mereka berpaling baca saja koran lewat internet? Tak usah beli dari lapak atau berhubungan dengan sirkulasi?

Perkembangan jurnalisme macam ini bikin saya makin tertarik. Philip Meyer pernah bilang 40% oplah koran di Amerika Serikat merosot. Musuh terbesar mereka adalah media online. Mungkin karena ini, media cetak, terutama koran, merevolusi konten mereka. Revolusi terakhir adalah dengan merampingkan tampilan dan ukuran kertas. Kayak yang Tempo dan Kompas lakukan. Perubahan selanjutnya, bisa jadi dengan adanya kehadiran epaper ini.

Lantas mengapa mereka masih punya juga portal berita? Tempo masih punya Tempointeraktif. Sedangkan Kompas ada Kompas Cyber Media (KCM). Menurut saya, situs berita punya karakter tersendiri. Mereka sangat mendewakan kecepatan. Seperti Detik atau Okezone.

Sedangkan epaper adalah benar-benar tampilan koran secara utuh dipindah ke format maya. Benar-benar menarik.

2 responses to “Musimnya Epaper

  1. Yap!
    Tapi ePaper tempo mesti bayar kalo pengen zoom.
    Kalo ga bayar, mata bisa tambah minus bacanya ^^

  2. Wakakakak… betul juga. Ini mungkin bakal jadi langkah baru dalam menjaring pelanggan. Maklum, selama bertahun-tahun ini, jumlah pelanggan koran dan media cetak lainnya (dalam bentuk fisik) begitu stag.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s