Hari Pertama Ikut Kursus Jurnalisme Sastrawi Pantau

Akhirnya saya keturutan juga bergabung dalam kursus yang lama saya idamkan ini.

Wartawan perlu meningkatkan kemampuannya. Dan itu bagi saya tak hanya dari lapangan. Jurnalis kudu mengasah kemampuannya lewat pendidikan semisal kursus atau pelatihan. Saya senang sekali akhirnya dapat mengikuti kursus ini.

Jurnalisme sastrawi. Saya penasaran apaan sih? Saya sudah lama mengidamkan dapat membuat tulisan yang memikat. Mendalam namun tak membosankan. Panjang namun tak bikin penat, capek, bete para pembaca. Selama ini saya belum pernah punya tulisan panjang.

Kelas kali ini diampu oleh Andreas Harsono. Saya gembira dapat kenalan dari beragam latar belakang. Saya hitung para peserta kali ini ada sekitar lima belas orang, termasuk saya. Saya dapat materi dan dua buah buku bacaan: Sembilan Elemen Jurnalisme (Bill Kovach dan Tom Rosenstiel) serta Jurnalisme Sastrawi Antologi Liputan Mendalam dan Memikat (Agus Sopian et.al, penyunting Andreas Harsono dan Budi Setiyono).

Selama ini saya menikmati tulisan semaca itu dari Majalah Tempo maupun National Geographic -edisi Indonesia, tentunya. Ternyata tulisan panjang itu asyik. Menarik. Fakta. Nyata. Namun memikat dan menghibur. Lebih asyik daripada karya fiksi.

Kira-kira apa yah, yang bisa buat saya menulis panjang? Saya terbayang hendak menulis kehidupan warga sekitar Candi Borobudur. Mungkin asyik untuk diselami kembali. Saya pernah ke sana sewaktu Kuliah Kerja Nyata -salah satu dari paket tugas akhir kuliah.

Mungkin kayak di National Geographic. Tak perlu muluk investigatif. Cukup dari sisi human interest saja. Ditambah berbagai gambar jepretan yang memikat, nampaknya asyik juga. Wah, kalau begitu saya juga perlu latihan fotografi juga dong…

Punya cita-cita tinggi, boleh lah…

4 responses to “Hari Pertama Ikut Kursus Jurnalisme Sastrawi Pantau

  1. ada informasi kapan pantau mau ngadain training lagi ga, dlm waktu dekat ini?

  2. toan,
    Saya belum tahu agenda terdekat Pantau. Mungkin Anda bisa langsung kontak Mas Andreas atau Mbak Siti Nurofiqoh?

  3. Saya juga tertarik ikut, kapan ada lagi ya??

  4. Ya, saya juga,,, kapan lagi ya????????

Leave a Reply

