Rawatlah Jantung Anda

Sayangilah diri Anda. Tak terkecuali pada jantung. Penyakit jantung saat ini mengincar kawula muda.

Cobalah Anda tes darah. Lihatlah kadar trigliserida, HDL, dan LDL. HDL normalnya di atas 40. Ini kolesterol yang kita butuhkan. Sedangkan LDL harus lebih rendah dari 120. Trigliserida juga kudu rendah. Jika HDL terlalu rendah dan trigliserin terlalu tinggi, Anda perlu waspada.

Segeralah berolah raga rutin, lima kali seminggu. Usai makan, ada baiknya jalan-jalan. Setidaknya mondar-mandir di dalam rumah. Dari ruang makan, ke ruang tamu, ke belakang menuju dapur, ke depan lagi. Setidaknya hingga berkeringat. Untuk buang lemak, kata seorang dokter.

Olah raga tak perlu berat bin mahal. Jalan kaki adalah cara yang paling efektif. Targetnya, keluarkanlah keringat. Ambillah nafas dalam-dalam melalui hidung. Rasakan sejuknya. Serta keluarkanlah lewat mulut. Buanglah hawa panasnya. Latihan pernafasan dan olah raga akan memacu kapasitas paru-paru. Dada terasa longgar. Maklum, gejala jantung juga antara lain dada terasa sesak. Jangan salah diagnosis suspek TB.

Pola makan juga perlu Anda perhatikan. Ada baiknya mengkonsumsi ikan atau panganan laut yang kaya omega 3. Buah-buahan dan sayuran sangat dianjurkan. Jauhi asam lemak jenuh. Jika perlu, masaklah dengan minyak goreng lemak tak jenuh. Misalnya minyak yang terbuat dari jagung.

Semoga info ini berguna. Jangan sampai Anda seperti saya… Dan tulisan ini bukan untuk menakut-nakuti pembaca. Soalnya saya belum cerita apa itu operasi balon, apa itu ring, atau apa itu by pass.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s