Parachute Journalism

Akibat tuntutan deadline yang ketat. Lantaran kadar pengetahuan jurnalis yang kurang. Karena jurnalis terlalu cepat puas atas informasi yang diterimanya. Terutama dalam breaking news. Walhasil, informasi sarat distorsi.

Berita hari ini ada yang lain. Soal kisruh Partai Kebangkitan Bangsa. Koran Tempo menulis nilai gugatan imaterial Rp9 (baca: sembilan rupiah). Sedangkan Harian Media Indonesia melaporkan nilai gugatan imaterial Rp9 miliar. Yang mana yang benar? Dua jurnalis media tersebut punya hasil verifikasi masing-masing. Meski selisihnya hanya kata “miliar”, konsekuensinya begitu besar. Selain sembilan gerbong angka nol di belakangnya, para pembaca bakal bingung memutuskan yang mana yang benar. Tempo atau Media Indonesia?

Ini pertempuran klasik. Mana yang paling utama: kecepatan atau akurasi? Meja redaksi selalu punya patokan deadline. Istilahnya “tutup warung”. Tekanan deadline, tentu setiap jurnalis merasakannya. Tapi apakah itu jadi alasan pembenar untuk mengabaikan akurasi?

Lagi, berita soal penangkapan anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Ada dugaan suap soal alih fungsi hutan di Bintan. Dalam transaksi “suap” di Hotel Ritz Carlton malam itu, ada seorang wanita. Pertanyaannya: siapa si wanita? Dan lagi-lagi media (begitu cepatnya) menulis si wanita adalah pekerja seks komersil. Apakah para jurnalis sudah mendapat konfirmasi? Atau hanya dari kasak-kusuk? Atau justru simpulan wartawan sendiri? Nyatanya si wanita itu tak pernah memberikan konfirmasi. Kamis pekan lalu Media Indonesia, salah satu misal dari sejumlah media, jelas-jelas menulis wanita itu adalah pekerja seks komersil.

Yang jelas publik ingin informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. Jangan sampai terdistorsi. Sayangnya, inilah penyakit yang menghinggapi jurnalis kita: parachute journalism.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s