Hari ini, Peringatan 100 Hari Meninggalnya Bapak

Jejak kaki mendarat di kota pensiunan ini pada pukul enam pagi. Udara masih setengah dingin bercampur hangat-hangat mentari. Rasa kantuk bercampur lelah menggantung membebani pundakku. Aku, Mas Wiwin, dan kakak ipar, Mbak Gita, tiba juga di Pati.

Masih tertinggal lanskap persawahan di kota Kudus yang tergenang air bah. Padi terancam puso. Pagi itu uap embun enggan beranjak ke udara. Menggoreskan garis tipis putih yang menggantung di atas rumpun padi. Mentari masih nongol malas. Kemudian pabrik rokok Jambu Bol masih bisu ditingkah sepi pagi. Padahal, siang harinya, berubah rupa menjadi hiruk-pikuk pekik buruh yang menuntut hak sejumlah uang. Pabrik asap tembakau yang dulu jaya, kini tergilas persaingan sengit roda zaman.

Rabu hari ini adalah peringatan meninggalnya Bapak. Bertepatan dengan malam 1 Muharam 1429 Hijriah. Bapak seratus hari yang lalu meninggal pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan. Momen yang langka. Semoga memang Bapak tenang di sana.

Isi rumah sudah rame. Ibu dan pembantu Mbak Ngat, Dhe Yan, Dhe Jum, Dhik Dwi, Bu Jaemo, dan Dhe Ngat sudah berkumpul. Sejak kemarin mereka mempersiapkan masakan untuk bancakan nanti. Tahlilan akan kami adakan sore ini. Dari pagi hingga sore cuaca cerah. Doa tahlil kami panjatkan dengan lancar dan hikmad.

Begitu kami selesai merapal doa, magrib segera menyapa. Barulah hujan lamat-lamat turun. Tidak deras, namun cukup membuat basah. Semoga Bapak yang terbaring di sana menikmati pula sejuk tetes air hujan.

One response to “Hari ini, Peringatan 100 Hari Meninggalnya Bapak

  1. itulah kehidupan dunia.
    ada perjumpaan, ada perpisahan..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s