Lagi, Media Memapar Anak-Anak

Anak-anak,harusnya menjadi pihak yang dilindungi, termasuk oleh pers.

Cobalah simak Tabloid Nova edisi 12-18 November 2007. Di sana terpampang kisah soal perceraian pasangan selebritis, sebutlah Rauf-Rahma (The R and R).

Keduanya sudah pisah ranjang setidaknya 10 bulan. Keduanya ngotot hendak cerai. Rauf makin terpukul lantaran anak hasil perkawinan mereka bukan darah dagingnya. Tes DNA sudah digelar, hasilnya negatif.

Yang jadi masalah, bocah usia tiga tahun itu, berinisial OC, terpapar dengan jelas nama lengkapnya. Anak sekecil itu kudu terblejeti aib ortunya di hadapan publik. Telanjang, tanpa inisial atau setidaknya nama samaran. Bocah balita itu harus turut menanggung beban psikologis akibat publisitas negatif polah bapak-ibunya.

Memapar, dalam bahasa Inggris disebut to expose. Dalam hal ini, tugas jurnalis memang menguak, memaparkan fakta kepada publik.

Dalam istilah medis dan kesehatan, exposed atawa terpapar, artinya sangat terbuka dan rentan “terserang” oleh sesuatu. International Labor Organization Jakarta (ILO Jakarta) punya istilah “terpajan”.

Koran Tempo pernah membuat berita dengan judul “Anak Indonesia Terpapar Rokok”. Maksudnya, anak yang belum dewasa sangat rentan kecanduan rokok dan terserang oleh bahaya yang ditimbulkan rokok.

Sayang,prinsip akurasi ini diterapkan membabi buta, main hantam, sehingga media, berkali-kali, memang memapar anak-anak.

Jangankan bocah tak berdosa. Anak yang bersalah pun, misalnya divonis membunuh teman sepermainannya, harus dilindungi jatidirinya dengan hanya menyebut inisialnya.

Harusnya ini berlaku pula pada pemberitaan kebrutalan anggota geng motor. Para pemuda tanggung itu, yang belum dewasa, harusnya disamarkan identitasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s