Beberapa Kaprah Bidang Biologi

Darah biru itu ningrat? Bukankah semua manusia berdarah biru?

Marilah kita tengok beberapa pembuluh darah atau urat yang menonjol dari balik kulit kita. Tampak biru-hijau bukan? Sebenarnya darah manusia memang berwarna biru. Hanya kalau keluar saja menjadi merah lantaran terkena udara (teroksidasi).

Well, kalau ada ungkapan darah biru yang berarti ningrat, nampaknya perlu dikaji ulang deh. Itu pun sebangun pula dengan firman Tuhan: bukankah derajat semua manusia sama, kecuali keimanannya? Sekali lagi, bukankah semua manusia berdarah biru?

Beda rambut dan bulu. Sebenarnya, rambut untuk ‘binatang mamalia’ -termasuk manusia, karena manusia juga membesarkan anaknya dengan cara menyusui. Sedangkan bulu untuk bangsa unggas (Aves). Bahasa Inggris sudah membedakannya dengan fur dan feather.

Nah, sebenarnya kucing dan anjing tidak berbulu, tapi berambut. Hanya itik, angsa, ayam, burung, dan bebeklah yang berbulu.

Otot itu daging. Banyak orang menganggap urat atau pembuluh darah yang menonjol di balik kulit adalah otot. Padahal, sebenarnya itu adalah pembuluh darah. Sebenarnya, yang dimaksud otot yah daging. So, kalau kita sedang makan daging sapi atau ayam, sebenarnya kita makan otot sapi atau ayam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s