Puasa Sebentar Lagi

Harusnya hati ini tergerak untuk senantiasa makin mendekati-Mu.

Lagi-lagi, hari ini saya bangun kesiangan. Lewatlah waktu subuh. Salat minta rezeki, duha, juga saya lewatkan. Kembali saya ngorok terbantai lelah. Rasa penat sisa demo kemarin masih terasa.

Duhur ini saya hanya selesaikan dua lembar mengaji. Padahal, sebelumnya, saya bisa melalap tiga hingga empat lembar (setengah atau sepertiga juz) sehari.

Lagi-lagi, bukan karena kemampuan menurun, namun lantaran malas. Padahal, rasa malas bisa menggerus ketrampilan.

Ramadan datang beberapa hari lagi. Namun entah mengapa, saya belum merasakan kerinduan. Mungkin terlalu sibuk kerja. Apakah ini ciri-ciri ujub? Silau terhadap dunia?

Ah, bukankah selama belum mapan (secara materi), saya memang harus terpaksa kerja banting tulang? Apakah salah? Setahun lalu, ketika dalam suasana Ramadan, saya menganggur sehabis keluar kerja. Toh tak mampu mendekatkan diri lantaran ‘banyak waktu luang’.

Ah, semoga saja pencerahan-Mu menghinggapiku. Sehingga saya mampu menjadi Ya’qub si penanggung segala derita, yang benar-benar Yahya (baca: hidup).

Leave a Reply

