Memberitakan Kasus Nike, Di Manakah Letak Suara Buruh?

Hari ini media menghiasi headline (setidaknya headline halaman atau rubrik) dengan berita happy ending kasus Nike-Hartati Murdaya. Sang Dewi Kemenangan bersedia memperpanjang kontrak kepada masing-masing (dari dua perusahaan) 12 bulan dan 24 bulan ke depan.

Well, yang sudah bisa ditebak, narasumbernya toh itu-itu juga: pihak pengusaha, baik keluarga Murdaya (Hartati dan Prajna), pihak Nike, serta fasilitator Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Sebelumnya, pihak di ‘luar lingkar peristiwa’ (yah setidaknya di lapis A3, A4, dan seterusnya), semacam Sofyan Wanandi, Departemen Perindustrian, Departemen Perdagangan, Asosiasi Pengusaha Sepatu mendapat ruang berlebih untuk berkicau.

Republika, Detik.com, Investor Daily, Bisnis Indonesia, Tempo, bahkan Kompas hari ini, menyenandungkan koor serempak dengan sumber yang sama. Tak satu pun pihak pekerja dari dua pabrik tersebut (setidaknya salah satu lah) yang diwawancara. Begitu susahkah memilih satu saja dari 14.000 buruh untuk diwawancara? Kawan, bukankah kita menjunjung prinsip mewadahi suara the voiceless?

Prinsip cover both side sedemikian rupa ditekuk dalam prakteknya, dengan hanya sekadar mencari ‘sumber kedua’. Padahal lebih dari itu, semangat poin tersebut sebenarnya adalah cover all side.

Rupanya, kita lebih gampang mengakrabi dan gencar melobi pejabat dan pengusaha sebagai narasumber, daripada menggauli kaum sudra untuk menyuarakan kepentingan mereka. Demikianlah adanya wajah jurnalisme kita.

One response to “Memberitakan Kasus Nike, Di Manakah Letak Suara Buruh?

  1. Pingback: Jadi Kepingin Tau Siapa Ibu Hartati Murdaya yang Diisukan Menerima Aliran Dana Century (Isu dari BENDERA) « Ariefmas's Weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s