Reuni Rage Against The Machine

ratm1.jpg

Southern fist/ rise through the jungle mist/ clenched to smash the power so cancerous/ black flag and red star… (War Within A Breath, Battle of Los Angeles)

Yeah, bendera hitam berbintang merah berkibar kembali. Bendera gerakan pembebasan Zapatista (EZLN) asal Meksiko ini diadopsi oleh Rage Against The Machine (RATM) sebagai simbol band hip-hop-rap-rock asal Los Angeles ini. Setelah bubar pada 2000 silam, kini Zach de la Rocha (vokalis) kembali menyatu dengan Tom Morello (gitaris), Brad Wilk (drumer), dan Tim Commerford (bassis).

Mereka nongol lagi menandai redebutnya April silam, dalam Festival Coachella. Agustus nanti, mereka dijadwalkan manggung di 3 Rock The Bells. Sebagai fan mereka, saya tentu senang bukan kepalang. Betapa tidak? Kini band paling politis dan ideologis ini bakal kembali menyambangi kerinduan segenap penggemarnya.

Hingga kini belum ketahuan apakah mereka bakal melempar album baru atau cukup menyanyikan hits masa lampau mereka. Tak mengapa, bersatunya kembali band paling fenomenal ini cukup menuntaskan dahaga saya. Saya sendiri mengoleksi kelima album mereka: Self-titled RATM yang bergambar seorang biksu Vietnam aksi bakar diri; Evil Empire; Battle of LA; Rage; dan Live at The Grand Olympic Auditorium.

ratm-buku.jpg

Sayang, rujuknya Zach dan Tom cs berimbas pada vakumnya Audioslave. Maklum, Tom, Tim, dan Brad meramu band anyar (album pertama dirilis pada 2002), dengan menggaet eks-vokalis Soundgarden, Chris Cornell. Band yang satu ini tak kalah dahsyatnya. Saya sendiri mengoleksi tiga albumnya: Self-titled Audioslave; Out of Exile; serta Live at Cuba. Satu lagi album terakhir mereka, Revelation, saya belum punya. Saya cari seantero toko kaset Jakarta kok gak ketemu juga.

Kabarnya, dalam album terakhir ini, Chris ingkar janji. Awalnya, doi ogah membikin lirik lagu sepolitis RATM. Nah, dalam album Revelation ini, Chris rupanya ikut cuap-cuap mengritik kebijakan Presiden Amrik George Walker Bush.

Belum ada pengakuan resmi baik dari Chris maupun Tom cs, apa penyebab vakumnya Audioslave. Kabarnya, Chris sibuk bersolo ria. Saya sangat menyayangkan band sehebat Audioslave jadi terancam bubar.

Tapi, well, saya sangat berharap berkumpulnya kembali anak-anak RATM ini, bisa mengobati kerinduan saya akan sebuah band yang kuat memegang ideologi, di tengah padatnya kepungan band cengeng yang sibuk melolongkan lagu-lagu cinta (yang celakanya, dikelompokkan beraliran rock).

(Semua gambar dari www.ratm.com)

7 responses to “Reuni Rage Against The Machine

  1. maaf2x niy.. kalo g siy seneng audioslave bubar dan RATM rujuk lg.. krn buat g Tom Morello Cs jauh lebih maksimal di RATM dan Chris Cornell di Soundgarden…

  2. Hmmm, pilihan yang sulit yah? Kok gak kasih jejak URL? Pengen mampir ke blog Anda nih. Salam kenal deh…

  3. Hhhmm… Siiiiipppppp……Hidup Zack De La Rocha, Hidup Rage Against The Machine (RATM)…!!! Saya juga sueneeennngg buangeeettt kalo Zack bisa gabung lagi di RATM. Kalo RATM manggung di Indonesia, saya bakal jadi orang pertama yang beli tiketnya. Sumpah….!!! Salam kenal buat semua penggemar RATM… Gracia…!!!

  4. seneng bgt deh…
    ni band bener2 inspiratif bgt.
    mudahan2 ini beneran, nggak cuman reunian aja…
    Penasaran bakal kaya apa lagunya….

  5. killing in the name

    gw suka skill tom morello… dgn gitar rakitannya…

  6. kapan konser ke indonesia ?
    ratm gokil abis,.musiknye bisa bikin orang jadi semangat ape lagi gitarisye keren abis.

  7. haduh haduh sayang banget ea padahal ane ngafans bangetz ,,,ama audioslave………..tapi blum pernah denger ney lagu lagu nya r,a,t,m…….

Leave a Reply

