Semangat Mereka Tetap Menyala

Senang hati saya, berkesempatan menjadi pemateri diklat jurnalistik bagi para pegiat serikat buruh. Mereka tetap semangat meskipun nasib masih terpinggirkan. Begitu gembira hati saya melihat raut wajah serius mereka mengikuti sesi ini. Di luar dugaan, di luar perkiraan, di luar harapan. Mereka lebih antusias daripada bayangan saya. Ini momen pertama saya mengisi diklat tingkat regional. Dua puluh lebih aktivis serikat buruh dari berbagai kota di Jabodetabek mengikuti forum yang diselenggarakan oleh Trade Union Right Center (TURC) ini (18/7).

Saya sendiri datang mewakili Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta. Sedianya, yang ngisi adalah kakak saya, Winuranto Adhi. Dialah Ketua Divisi Serikat Pekerja AJI Jakarta. Karena suatu hal, mempersiapkan pernikahannya pada Sabtu (21/7) nanti, dia berhalangan. Walhasil, sayalah yang ketiban tugas menggantikannya.

Saya baru pertama kali ini pula mengisi sesi hingga setengah hari. Diklat-diklat sebelumnya hanya satu sesi. Paling sejam dua jam. Itupun, hanya untuk pegiat pers mahasiswa. Wow, ini pengalaman berharga bisa membaur dengan segmen yang berbeda, dengan kelas yang sama dengan saya: kelas pekerja.

Saya mengisi dari jam 10 pagi hingga jam 4 sore. Wuih. Lelah tapi puas. Saya memandu sesi teknik menulis, teknik reportase dan wawancara, serta yang terakhir alur kerja redaksi. Saya begitu bangga mereka bisa menerima materi dengan senang dan gempita.

Baru kali ini pula saya memandu praktek lapangan. Yakni, simulasi wawancara dan menulis. Dengan cekatan mereka melakoni pekerjaan jurnalistik ini. Hasilnya, rupanya mereka cukup berbakat menjadi jurnalis. Mereka paham benar cover both side, dan hasil tulisannya cukup apik.

So, wahai kelas pekerja, menulislah. Kelas buruh, berjuanglah.

Leave a Reply

