Gerutu Seorang Anggota Dewan

Siang makin memanas. Ruang Sidang Komisi IX DPR RI yang berselimut hawa AC pun tak mampu menyurutkan panasnya tensi perdebatan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi IX dengan jajaran Direksi dan Komisaris Jamsostek -pada Senin, 12 Maret 2007.

Petugas sekretariat mengedarkan surat undangan bagi masing-masing anggota dewan. Sampul amplop coklat pun lamat-lamat terbuka. Tersembullah secarik surat putih, undangan RDP pada esok harinya. Pukul 15:00 WIB, di ruang ini juga, akan ada RDP Komisi IX dengan manajemen Harian Kompas, Disnakertrans DKI Jakarta, serta Depnakertrans. Agendanya, membahas pemecatan seorang wartawan senior Bambang Wisudo.

Adalah Hardy Muhammad, anggota Komisi yang menangani ketenagakerjaan dari Fraksi Bintang Pelopor Demokrasi. Hardy mengerut dahi tanda keheranan. “Emang siapa dia, cuma seorang bisa membuat kita semua rapat. Hebat bener…” ujarnya menggerutu.

“Kalo yang dipecat sepuluh baru kita tangani. Ini cuma satu. Kasus PHK puluhan ribu sebuah perusahaan saja masih belum tuntas kita bahas. Lha ini kok cuma satu orang kita mau ribut…” ungkapnya tersenyum kecut -sambil mencicipi hidangan cemilan pengiring rapat.

Rasa herannya belum reda, hingga telepon genggam komunikatornya bergetar. Ditinggalkanlah rapat yang masih berlangsung itu, sambil ngeloyor keluar ruangan sambil entah bicara dengan siapa di seberang saluran telepon…

Demikianlah potret salah satu anggota dewan yang tak peka. Bambang Wisudo bukan hanya seorang Bambang Wisudo. Di balik karpet megah industri pers (pada khususnya, dan dunia kerja pada umumnya), begitu banyak wartawan yang terancam pecat karena memperjuangkan hak berserikat atau hak dasariah sebagai karyawan.

Masalah bukan sekadar angka. Masalah tak berarti alpa jika hanya (baru) seorang Bambang yang dipecat. Masalah sudah di depan mata. Dan masalah besar adanya. Dan anggota dewan abai dan lalai adanya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s