Dawet Bu Wagiyem

Suatu siang di bulan November.

Hujan tak kunjung turun. Tanah makin kerontang dan berdebu. Keringnya hawa tak menyurutkan canda mereka. Yah, mereka adalah seorang tukang becak dan seorang perempuan penjual dawet. Perempuan itu adalah Bu Wagiyem. Acap orang memanggilnya Mbak Ni atau Lek Ni.

Siang adalah waktu yang tepat untuk berjualan. Untuk membunuh waktu, katanya. “Setiap siang saya hanya berteman toples dawet dan gorengan,” ujarnya memperkenalkan penganan yang setia dia jajakan sejak sepuluh tahun silam.

Usianya sudah menaiki tangga dekade kelima. Sebagai perempuan, dia tak mau hanya bsia berpangku tangan. Apalagi dia tak bersuami dan dikaruniai seorang pun anak. Dia isi hari-harinya untuk berkarya.

Homo faber, demikianlah dalil Karl Marx. Seorang manusia akan menemukan eksistensinya jika dia bisa bekerja dengan sungguh-sungguh, sesuai dengan keriangan hatinya, sesuai dengan keinginannya. Jika dia terpaksa bekerja hanya demi segepok uang, dia akan terasing.

Mbok Ni tak merasa malu karena hanya menjual dawet. Setiap harinya, ada saja pembelinya. Anak-anak sekolah, tukan becak, ibu-ibu rumah tangga, atau pemuda. Walau tak seberapa hasilnya, dia tetap riang mengisi harinya dengan berjualan dawet. “Segala bahan saya belanja dari Pasar Nggowok,” tuturnya.

Sebenarnya dia punya tiga buah kamar yang dia sewakan sebagai kos-kosan putra. Namun berpangku tangan bukanlah kebiasaan yang dia sukai. “Asal masih bisa bekerja,” tutur ibu kos saya itu di suatu pagi di sela-sela waktu menggoreng tahu dan lempog.

Cobalah selami salah satu gang di sebelah barat jalan Jembata Layang Janti. Cobalah bertandang ke Gang Sengon No. 4A. Tiada salahnya meneguk segelas es dawet segar yang disuguhkan oleh Mbok Ni.

Sebentar lagi -Desember ini, saya harus kembali ke Jakarta. Satu waktu saya pasti akan kembali menjejak Kota Yogya, dan berkunjung ke Mbok Ni…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s