Gunungkidul Kerontang

 Gunungkidul belum hujan jua    Padasan belum terisi air   Kering banget gitu loh

Awal November.

Saya bertandang ke camer di Desa Gedaren, Kecamatan Ponjong. Hmmm… Gunungkidul kini tampaknya sama seperti dulu. Kering, kerontang. Namun tahun ini nampaknya makin parah saja.

Hingga November, hujan tak kunjung menyapa. Tanah nan kering begitu rindu akan tetesnya yang jatuh ke bumi. Sayang, mendung hanya lewat begitu saja, tak kunjung turun menitik air…

Alam memang lamat berubah. Manusia haruslah sadar. Di atas bumi ini, kita tak hidup sendiri. Ada makhluk lain yang harus kita hormati. Ada pepohonan yang seharusnya tak habis dibabat; ada salur alir air yang tak seharusnya tercemar; ada derap fauna yang seharusnya masih bebas lincah tanpa takut akan moncong laras atau jerat perangkap.

2 responses to “Gunungkidul Kerontang

  1. di Gedaren arah mana itu ya mas?
    kalo di Ponjong sih, secara umum menurut saya termasuk cukup subur dibandingkan daerah2 ngGunungkidul laennya. kebetulan temen2 saya dari Ponjong banyak, dan kebanyakan mereka punya kolam ikan di samping rumah tempat kami dulu biyasa mancing waktu esema. di sampingnya sawah membentang, lokasinya cuma di sekitaran kota kecamatannya. tapi kalo Gedaren saya nggak tau.
    salam dari Wong ngGunungkidul perantauan di Padang🙂

  2. Gedaren dari proliman masuk jalan yang masih gronjal2 itu. Saya gak tahu persis soalnya itu daerah calon saya. Saya baru ke sana beberapa kali. Hehehe….

Leave a Reply

