Panggil Aku Yacob Saja…

Salam kenal,

Namaku Yacob Yahya. Cukup dipanggil Yacob saja. Ayah-Ibu memberikan nama itu karena ingin anaknya punya dua nama nabi. Yah, saat itu ada seorang menteri yang bernama Daoed Jusuf. Akhirnya diambillah nama Yacob dan Yahya. Cukup pas juga aku rasa. Dan aku rasa cukup bagus –sekaligus ganjil. Kenapa ganjil? Karena di antara saudara-saudaraku, hanya aku yang menyandang nama bukan Jawa. Kakakku, bernama Winuranto Adhi. Sedangkan adikku bernama Ginanjar Rah Widodo. Ah, tak perlu dipersoalkan. Nanti dikira primordial apalagi rasis.

Aku lahir dan besar di “kota pensiunan”, Kabupaten Pati pada 15 Februari 1982. Disebut kota pensiunan karena memang adem ayem saja dus hampir tiada yang istimewa. Justru itulah, aku sangat lekat dengan kota ini. Hampir dua puluh tahun –tepatnya delapan belas tahun– aku tak beranjak dari kota ini.

Bapakku, Haryanto bin Taman, adalah seorang pensiunan pegawai BRI. Ibuku, Istichomah binti Manan, adalah seorang ibu rumah tangga. Aku bersyukur kedua orang tuaku hingga kini masih bisa mendampingiku. Aku juga sempat bersama dengan nenekku, Mbah Siti Mutmainah (ibunya ibuku). Beliau meninggal pada usia enam puluh tiga tahun, ketika aku berusia delapan tahun, di saat duduk di bangku kelas dua SD. Semasa hidupnya Mbah Siti adalah pedagang jarik (kain tradisional yang digunakan oleh perempuan jawa sebagai pakaian) di pasar. Suaminya, Mbah Taher Manan (beliau meninggal sebelum aku lahir), adalah seorang penjahit terkenal. Menurut cerita ibuku, Mbah Manan adalah penjahit terkenal. Pelanggannya adalah kaum amtenaar dan pejabat Belanda. Hmmm … kira-kira kayak apa yah, kehidupan zaman 1940-an ketika masih ada orang-orang Londho (sebutan orang Jawa bagi orang Belanda. Sebutan ini makin menjadi umum, untuk semua orang bule, baik dari Belanda maupun Eropa lainnya serta orang Amrik) bercokol di Bumi Manusia Indonesia ini?

Kini aku berprofesi sebagai seorang jurnalis, meskipun juga punya gelar akuntan. Selanjutnya, mari makin akrab bertegur sapa melalui tulisan-tulisan selanjutnya di situs blog yang sederhana ini.

Salam persaudaraan…

Leave a Reply

